Unit Pelaksana Pelabuhan Kintap, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan melakukan uji coba sandar tongkang di dermaga Pelabuhan Laut Pelaihari, Desa Swarangan, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kamis (16/1).

Ujicoba sandar tongkang kafasitas 8.000 ton itu disaksikan langsung Bupati Tanah Laut Sukamta, Perwakilan Dirjen Perhubungan Laut dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Tanah Laut.

Bupati Tanah Laut H Sukamta mengucapkan rasa syukur atas terealisasinya pembangunan pelabuhan laut di Desa Swarangan, Kecamatan Jorong tersebut.

“Setelah memakan waktu 12 tahun kita membangun Pelabuhan Pelaihari di Desa Swarangan, Kecamatan Jorong dengan uji coba sandar tongkang hari ini, maka hasilnya sudah layak untuk dioperasikan,”ujar bupati.

Menurut dia, dengan dioperasikan pelabuhan tersebut, maka dapat menunjang distribusi barang dan jasa di Kabupaten Tanah Laut.

“Pemkab Tanah Laut segera mengoperasikan Pelabuhan Pelaihari ini agar investasi di Kabupaten Tanah Laut semakin meningkat,”terangnya.

 Sedangkan fasilitas lain yang perlu secepatnya dilakukan untuk menunjang Pelabuhan Pelaihari, sebut dia, salah satunya berupa akses jalan menuju ke pelabuhan yang secepatnya dilakukan pengerasan dan selanjutnya dilakukan pengaspalan.

Sementara, Kasubdit Direktorat Kepelabuhanan Perancangan dan Program Pembangunan Kementerian Perhubungan RI  Hakim mengatakan, berhasilnya uji sandar tongkang di dermaga Pelabuhan Pelaihari tersebut,  maka Pelabuhan Laut di Desa Swarangan itu sudah layak operasional.

Apalagi pembangunannya sudah rampung semua, menurut dia, maka tinggal memyempurnakan dan  mengoftimalkan koordinasi antara Pemda dengan pengelola pelabuhan agar segera mengeluarkan ijin sandar kapal dan ijin barang dan jasa di pelabuhan tersebut.

“Setelah uji sandar berhasil maka langkah selanjutnya  kami koordinsikan dengan instansi terkait, baik pemerintah pusat, provinsi dan pemerintah kabupaten  agar pelabuhan ini bisa segera dioperasionalkan,”terangnya.

Dijelaskannya, kedalaman air laut sudah memenuhi standar Antara 5 sampai 8 meter dan panjang dermaga Pelabuhan Laut Pelaihari  mencapai 1,2 kilometer.
Unit Pelaksana Pelabuhan Kintap, Kabupaten Tanah Laut uji coba sandar tongkang di dermaga Pelabuhan Laut Pelaihari, Desa Swarangan, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kamis (16/1).Foto:Antaranews Kalsel/Arianto.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020