Bupati Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan  Hj Noormiliyani AS membuka Sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) No. 65/2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Batola Tahun Anggaran (TA) 2020, Senin (13/1).

Kegiatan berlangsung di Aula Mufakat Kantor Bupati Batola itu menjadi forum untuk saling mengingatkan dan menginformasikan peraturan tata kelola keuangan daerah.

Karenanya, kegiatan tersebut dinilai sangat penting dan bermanfaat dalam upaya menyamakan persepsi dan pemahaman terhadap penatausahaan dan pertanggungjawaban anggaran.

Bupati Batola Hj Noormiliyani mengatakan, pelaksanaan pengelolaan dan penggunaan anggaran yang tertib administrasi, transparan dan akuntabel menjadi bentuk perwujudan visi ke-4 pemerintahannya bersama Wakil Bupati Noor yaitu Memantapkan Tata Kelola Pemerintahan yang Terbuka dan Melayani.

Terkait itu, sebut dia,  maka telah terbitkan Peraturan Bupati Batola No. 65/2019 untuk menertibkan penggunaan anggaran tahun 2020.

Anggaran tahun 2020 sendiri, jelas dia,  telah ditetapkan melalui Peraturan Daerah (Perda) No. 7/2019, dimana  Perda tersebut menyesuaikan dengan kebijakan Pemerintah Pusat yang menerapkan transaksi nontunai terhadap belanja daerah serta pelaporan realisasi/serapan berbasis elektronik.

“Penggunaan anggaran berbasis elektronik ini sesuai dengan tuntutan Kementerian Keuangan dimana setiap rupiah yang dibelanjakan dari dana APBD wajib dipertanggungjawabkan tertib administrasi, transparan dan akuntabel,” tukas Bupati Batola Hj Noormiliyani.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu juga berharap,  pengguna anggaran, pejabat penatausaha keuangan SKPD, pejabat pelaksana teknis kegiatan dan bendahara lebih mengerti dan memahami akan tugas dan kewenangan masing-masing dalam pelaksanaan kegiatan dan pengelolaan anggaran.

Noormiliyani juga mengharapkan,  pimpinan SKPD melakukan evaluasi minimal tiga bulanan pada pelaksanaan dan pertanggungjawaban keuangan bendahara.

Evaluasi dilakukan para pimpinan SKPD dibantu PPK-SKPD, terang dia,  akan menjadi sebuah langkah preventif terhadap permasalahan yang mungkin akan terjadi.
Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani AS membuka Sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) No. 65/2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Batola Tahun Anggaran (TA) 2020, Senin (13/1).Foto:Antaranews Kalsel/Humas.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020