Komisi pemilihan umum daerah (KPUD) Kotabaru bersama pemerintah daerah dan para pemangku kepentingan (Stakeholder) meluncurkan Pemilihan Kepala Daerah (Bupati dan Wakil Bupati) tahun 2020, Sabtu.

Ketua DPRD Kotabaru, Syairi Mukhlis berharap, semoga tahapan pilkada 2020 nantinya dapat berjalan lancar, aman sampai terlantiknya pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kotabaru terpilih.

"Harapan kami dalam pilkada 2020 partisipasi masyarakat dalam memilih pemimpin daerah lebih meningkat, bersamaan itu masyarakat diharapkan turut menjaga kenyamanan kerukunan dalam bermasyarakat menuju Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati," katanya.

Sementara Ketua KPU Kotabaru, Zainal Abidin menandaskan, tujuan launching Pilbup Kotabaru 2020 ini untuk mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa 23 September mendatang di daerah Bumi Saijaan akan dilaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

Bersamaan itu, dalam pesta demokrasi tersebut juga dilaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan.

Hal senada disampaikan Ketua KPU Kalimantan Selatan, Sarmuji  yang hadir dalam acara tersebut, menurutnya peluncuran peresmian Pilbup Kotabaru ini adalah salah satu cara KPU untuk mensosialisasikan penyelenggaraan Pilbup serentak.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kotabaru Sayed Jafar mengatakan, peluncuran Pilbup Kotabaru ini memiliki arti penting dalam mewujudkan Pilbup yang demokratis, jujur dan adil.

"Untuk kesuksesan penyelenggaraan Pilkada tahun 2020 bukan hanya tugas KPU dan Bawaslu, namun juga pemerintah daerah sebagai fasilitator yang memiliki peran yang sama," tutur Sayed.

Sayed menginstruksikan kepada seluruh Kepala SKPD, seluruh Camat dan Kepala Desa se-Kotabaru agar dapat memfasilitasi jalannya pelaksanaan Pilbup Kotabaru, khususnya dalam mendukung tugas penyelenggara Pilkada.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Kotabaru, Wakil Bupati kotabaru, Ketua KPU Provinsi Kalimantan Selatan beserta Ketua KPU se Kalimantan Selatan, Sekretaris Daerah Kotabaru, Ketua DPRD Kotabaru, Ketua KPU Kabupaten Kotabaru, Ketua Bawaslu Kotabaru, Unsur Forkopimda, Kepala SKPD, pimpinan partai politik di kabupaten kotabaru serta Tamu undangan lainnya.

Pewarta: M. Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020