Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) memperingati HUT ke-20, dengan mengambil tema “Optimalisasi Kinerja DWP Sebagai Mitra Strategis Pemerintah untuk Suksesnya Pembangunan Nasional”,di pendopo kabupaten.

Ketua DWP HSS Elyani Yustika Muhammad Noor,  di Kandangan Kamis (9/1) mengucapkan terimakasih kepada Bupati HSS beserta ibu selaku penasehat DWP HSS, yang sudah banyak memberikan saran dan arahan untuk kemajuan organisasi DWP HSS.

"Menyambut HUT ke-20 DWP tingkat Kabupaten HSS ini pula dilaksanakan berbagai kegiatan. diantaranya anjang sana atau silaturahmi dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) perempuan yang banyak berkiprah dalam pembangunan di HSS," katanya, dalam laporan.

Dijelaskan dia, kegiatan lainnya, ada juga lomba menggambar tingkat SD untuk mengembangkan kreatifitas anak bertempat di Gedung Pramuka, dan lomba membuat puding untuk si buah hati yang diikuti oleh para ibu-ibu anggota DWP se Kabupaten HSS.

Baca juga: Tingkatkan kualitas SDM anggota DWP HSS gelar pelatihan kuliner

Bupati HSS H. Achmad Fikry, mengatakan selamat HUT ke-20 tahun kepada  DWP HSS, dan teriring doa  agar organisasi DWP HSS ke depan lebih eksis dan bisa mendarma baktikan segenap kemampuannya untuk organisasi DWP di HSS.

Menurut dia, acara peringatan HUT DWP ini juga sebagai sarana untuk evaluasi apa yang sudah dilakukan selama ini, dan apa yang akan harus dilakukan ke depan tentunya dengan rujukan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) organisasi.

"HUT DWP ini yang terdapat dengan berbagai lomba dan kegiatan ini dapat terus menjalin kebersamaan dan silaturahmi, baik sesama anggota DWP maupun kepada anggota yang sudah purna tugas," katanya.

Adapun peran seorang istri pendamping suami ASN adalah bagaimana dapat meringankan beban kerja dan tanggung jawab suaminya dalam bekerja, karena seorang ASN dalam berbagai tingkatannya mempunyai beban dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan terkadang cukup berat dan komplek.

Seorang dharma wanita yang arif tentunya bisa memberikan suasana yang sejuk kepada suaminya, sehingga beban di kantor tidak ditambah dengan beban dirumah, kalau perlu beban di kantor bisa diringankan di rumah agar suaminya bisa semangat lagi bekerja besok hari.

Baca juga: Hj Elyani Yustika M Noor dilantik pimpin DWP HSS

Menurut dia, tugas ibu-ibu sebagai anggota dharma wanita adalah meyakinkan suaminya datang kekantor tepat waktu, untuk itu ibu-ibu harus menyiapkan segala keperluan suaminya sebelum berangkat ke kantor, khususnya menyiapkan makan pagi lebih awal.

"Jangan membiasakan para suaminya untuk membeli makan di warung karena makan pagi, di warung adalah salah satu penyebab terlambat datang kekantor," katanya.

Ditambahkan dia, hal dilakukan sebagai  salah satu cara saja untuk memberikan ruang yang memungkinkan kepada suami untuk bekerja dengan maksimal dan berkreatifitas, kalau dirumah tangga terbiasa seperti itu suatu saat anak-anak di sekolah juga tidak terlalu senang dengan jajanan di luar.

Turut hadir, Sekretaris Daerah HSS H.Muhammad Noor, Ketua TP PKK Kab.HSS Hj.Isnaniah Achmad Fikry, para ketua organisasi wanita di Kabupaten HSS, para pimpinan SKPD, tamu dan undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020