Sinergitas TNI-Polri ditunjukkan Kapolres Tapin, AKBP Eko Hadi Prayitno dan Dandim 1010/Rantau Letkol Inf Rio Neswan ketika melakukan penanaman bibit pohon untuk menyambut Hari Lingkungan Hidup Indonesia yang diperingati setiap tanggal 10 Januari.

"Alhamdulilah Polres dan Kodim bersama-sama melakukan gerakan penghijauan demi lingkungan yang lebih asri di Kabupaten Tapin," terang Eko Hadi di Rantau, Selasa.

Kapolres mengungkapkan, dia bersama Dandim berupaya menggelorakan gerakan penghijauan di masing-masing kesatuan sebagai wujud nyata membantu upaya pelestarian lingkungan.
Baca juga: Satgas Karhutla cegah kebakaran rumah di lahan terbakar
Baca juga: Pemkot Banjarbaru bantu mesin pompa air Satgas Karhutla TNI

"Kegiatan menanam pohon memang harus dimulai dari diri sendiri di lingkungan masing-masing. Contoh nyata inilah yang diharapkan dapat ditiru oleh masyarakat luas secara masif dan berkelanjutan," jelasnya.

Karena, menurut Eko Hadi upaya penghijauan tidak berhenti ketika bibit pohon sudah ditanam. Namun, bagaimana pohon bisa tumbuh subur dengan dirawat sebaik-baiknya.

"Menanam pohon hari ini memang tidak bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh kita yang menanam. Tetapi bagi anak cucu kita pada generasi penerus di tahun-tahun mendatang, pohon yang tumbuh besar akan sangat berguna," terangnya.

Untuk itulah, dia mengajak agar sama-sama beramal dengan terus menanam pohon sebanyak-banyaknya. Kemudian turut menjaga keberadaan pohon yang sudah ada agar lingkungan tetap lestari demi menjaga keseimbangan alam.
Kapolres Tapin AKBP Eko Hadi Prayitno dan Dandim 1010/Rantau Letkol Inf Rio Neswan melakukan penanaman bibit pohon di lingkungan Polres Tapin. (antara/foto/firman)


Sebelumnya Polres Tapin dan seluruh jajaran Polsek juga telah melakukan penanaman ribuan bibit pohon dalam gerakan "Polri Peduli Penghijauan" yang digaungkan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis bersama Ketua Bhayangkari Pusat untuk seluruh wilayah Polda se-Indonesia.

Hari Lingkungan Hidup Indonesia menjadi agenda besar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang juga menandai gerakan penanaman gerakan satu juta pohon.

Sedangkan di level internasional, Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 5 Juni demi meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil tindakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam dan planet Bumi.

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020