Bupati Kotabaru H Sayed Jafar menekankan terhadap tugas dnan fungsi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam pembangunan desa bersama perangkat desa masing-masing.

"Anggota BPD harus mampu menjawab tuntutan dan kebutuhan masyarakat sekaligus mampu mendorong, transparansi, akuntabilitas, dan peningkatan masyarakat," kata bupati usai melantik 50 anggota BPD pada 11 desa dari Kecamatan Kelumpang Utara dan Kecamatan Tengah, Senin.

Bupati berpesan, jangan sampai anggota BPD tidak mampu memahami agenda agenda dan jangan terlena dengan anggaran desa yang sudah di transfer oleh pemerintah pusat gunakan sebaik mungkin untuk perkembangan desa.

Pelantikan anggota BPD periode 2020-2025 oleh orang nomor satu di Bumi Saijaan itu berlangsung di Los Pasar Desa Senakin, Kecamatan Kelumpang Tengah.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kotabaru juga mengajak seluruh anggota BPD terpilih agar bekerjasama dan berkomunikasi dengan perangkat desa.

Dari 50 Anggota BPD yang dilantik berasal dari 11 Desa di 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Kelumpang Tengah dan Kelumpang Utara.

Anggota BPD untuk Kecamatan Kelumpang Tengah meliputi Desa Senakin, Desa Tanjung Selayar, Desa Sangsang, Desa Sungai Pungawa dan Desa Tanah Rata, msing-masing sebanyak 5 orang.

Sedangkan anggota BPD di Kecamatan Kelumpang Utara meliputi 6 desa, yaitu Desa Sulangkit, Desa Pudi Seberang, Desa Sungai Punggawa, Desa Wilas dan Desa Mangga masing-masing sebanyak 5 orang.

Prosesi Peresmian dan pengangkatan anggota BPD melalui proses pengambilan sumpah dan penandatangan berita acara sumpah jabatan dipimpin langsung oleh Bupati Kotabaru.
 
Sementara, Kepala Dinas PMD Kotabaru, Hariansnyah pada kesempatan itu menyampaikan agar anggota yang sudah dilantik nantinya bisa bersinergi dengan Kepala Desa untuk membangun dan meningkatkan desa tersebut.

"Harapannya, setelah dilantik agar anggota BPD memahami Manajemen tata kelola pemerintahan desa harus lebih mementingkan pelayanan kepada masyarakat yang sudah diarahkan bupati melalui kepada Dinas PMD, katanya.

Tampak hadir di pelantikan anggota BPD tersebut, mendampingi bupati yakni Ketua TP PKK Kotabaru, kepala SKPD, Camat Kelumpang Tengah dan camat Kelumpang Utara beserta jajarannya, unsur forkopimca dan tamu undangan beserta tokoh agama dan masyarakat Kelumpang Tengah.

Pewarta: M. Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020