Jajaran Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan, menggelar Upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 tahun 2020, Jumat (3/1).

Kegiatan  berlangsung di halaman Kantor Kemenag Batola Jalan Jenderal Sudirman Marabahan tersebut, dipimpin  Wakil Bupati H Rahmadian Noor.

Wabup Batola Rahmadian Noor saat membacakan sambutan Menteri Agama RI  Fachrul Razi mengajak seluruh jajaran Kemenag pusat dan daerah untuk menjadikan agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di tanah air.

Dikatakan, kerukunan antar umat beragama merupakan modal bersama untuk membangun negara dan menjaga integritas nasional.

“Kementerian Agama hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama. Untuk itu seluruh jajaran Kementerian Agama harus bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis Kementerian Agama secara kontekstual di tengah masyarakat,” ucap menteri.

Dalama kesempatan itu, diutarakan, Kemenag menyelenggarakan dua fungsi strategis yaitu fungsi agama dan fungsi pendidikan.

“Tugas utama Kemenag membangun jiwa manusia sebagai landasan terbentuknya mental bernegara yang baik. Meski pembangunan infrastruktur fisik juga dilakukan dalam menunjang pembangunan jiwa,” sambung menteri.  

Dikatakan, seiring dengan agenda reformasi, restrukturisasi dan penyederhanaan birokrasi, semua jajaran Kemenang dituntut untuk terus beradaptasi dengan tuntutan perubahan dan percepatan pelayanan publik yang mengedepankan prinsip efisiensi, transparansi, akuntabilitas, serta bebas dari KKN.

Menariknya, upacara yang juga dihadiri Kepala Kantor Kemenag Drs H Rusbandi MA beserta jajaran, para anggota Forkopimda/mewakili, SKPD terkait, para pensiunan serta para pelajar MI, MTs, dan MA ini dirangkai sejumlah pemberian penghargaan dalam memeriahkan HAB Kemenag ke-74.

Penghargaan yang diserahkan Wabup Rahmadian Noor ini di antaranya, lomba pidato bahasa Indonesia, lomba tartilul Quran, lomba mewarna kaligrafi, fashion show dan bercerita islami, lomba tahfiz juz 30, pertandingan bulutangkis, tenis meja, jalan sehat kerukunan dan donor darah serta bintang vokalis pelajar.

Tak hanya itu, Upacara HAB juga dirangkai pemberian Satya Lancana Karya Satya dengan masa kerja 10, 20, hingga 30 tahun bagi ASN dan guru lingkup Kemenag Batola yang berjumlah 35 termasuk Kepala Kemenag Batola H Rusbandi.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020