Menteri Agama RI Fachrul Razi meminta seluruh jajaran Kementerian Agama tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten dan kota melaksanakan enam hal sehingga bisa lebih baik di masa mendatang. 

Pernyataan itu disampaikan Menag kepada jajaran Kemenag Kalsel pada peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 Kemenag tahun 2020 di lapangan depan Asrama Haji Kalsel di Banjarbaru, Jumat.

Sambutan menteri agama tersebut dibacakan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kalsel Siswansyah didepan ratusan pegawai kemenag.

"Enam arahan ini harus mampu dilaksanakan oleh jajaran kemenag dengan sebaik-baiknya sehingga bisa menjadi aparatur kemenag yang baik dan melayani masyarakat sesuai tugas dan fungsinya," ujar menag. 

Arahan pertama, setiap aparatur kemenag hendaknya memahami sejarah Kementerian Agama serta regulasi, tugas dan fungsi kementerian dalam konteks relasi agama dan negara.

Kedua, menjaga idealisme, kejujuran, integritas dan budaya kerja kemenag di tengah arus kehidupan yang serba materialistis, selaraskan antara kata dengan perbuatan, juga sesuaikan tindakan dengan sumpah jabatan.

Ketiga, jajaran kemenag di seluruh tingkatan harus menanamkan bahwa bekerja adalah ibadah dan melayani masyarakat merupakan sebuah kemuliaan.

Keempat, perkuat ekosistem pembangunan bidang agama antar sektor dan pemangku kepentingan, baik sesama institusi pemerintah, tokoh agama, organisasi keagamaan dan segenap elemen masyarakat.

Kelima, pemangku semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan, kerukunan, persatuan dan moderasi beragama sejalan falsafah Pancasila mempersatukan anak bangsa walau berbeda ras, etnik, keyakinan agama dan golongan.

Keenam, jajaran Kemenag di seluruh Indonesia mengimplementasikan visi dan misi pemerintah dalam program kerja Kementerian Agama di semua unit kerja pusat, daerah dan perguruan tinggi keagamaan.

Menag juga meminta segenap aparatur Kementerian Agama, untuk memberikan seluruh kemampuan yang di miliki agar semakin dekat melayani umat dan menjaga nama baik Kementerian Agama.

"Kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh aparatur kemenag baik yang masih aktif maupun telah purna bakti atas segala dedikasi dan pengabdian yang dilakukan," katanya. 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020