Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - PT Pelabuhan Indonesia III Banjarmasin memberikan hewan kurban untuk warga sekitar lingkungan kantor berupa sembilan ekor sapi dan 18 ekor kambing untuk disembelih pada hari raya Idul Adha 1434 H yang jatuh pada tanggal 15 Oktober 2013.

Penyaluran hewan kurban untuk masyarakat sekitar yang membutuhkan diserahkan secara simbolis oleh PLH General Manager Gusti Chaeruddin pada Jumat (11/10) di Kantor PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Banjarmasin.

"Ini bukti kontribusi kami bahwa keberadaan kami disini mampu memberikan kontribusi secara sosial kepada masyarakat", kata Chaeruddin.

Adapun penerima bantuan hewan kurban ini adalah masjid , masyarakat dan organisasi terkait masyarakat yang terletak di sekitar lingkungan pelabuhan.

Dijelaskan Chaeruddin untuk tahun ini hewan kurban yang disalurkan yang dibagikan lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya dimana tahun lalu kami menyalurkan 7 ekor sapi dan 14 ekor kambing.

"Ditahun ini pembagian binatang kurban kita berikan sedikit nuansa baru, khusus area sekitar pelabuhan kita utamakan untuk mendapatkan sapi jadi warga yang lebih dekat mendapat prioritas dalam pembagian kurban ini", tambah Chaeruddin.

Selain warga sekitar juga mengalokasikan hewan kurban khusus untuk tenaga cleaning service, dan tenaga kontrak yang bekerja di lingkungan pelabuhan sehingga mereka bisa ikut merayakan di hari raya kurban ini.

Annang cahyadi, Asman Hukum Dan Pengamanan menambahkan bahwa apa yang dilakukan manajemen PT Pelindo ini dimaksudkan untuk membagi kebahagiaan kepada orang terdekat.

"Di perayaan kami berharap agar masing masing pihak dapat memaknai perayaan ini sebagai sarana untuk peningkatan rasa berbagi di antara sesama.

Jika bicara arti kurban, dalam bahasa Arab disebut dengan qurbah yang berarti mendekatkan diri kepada Allah. Dalam ritual Idul Adha itu terdapat apa yang biasa disebut udlhiyah (penyembelihan hewan kurban).

Pada hari itu kita menyembelih hewan tertentu, seperti domba, sapi, atau kerbau, guna memenuhi panggilan Tuhan. Idul Adha juga merupakan refleksi atas catatan sejarah perjalanan kebajikan manusia masa lampau, untuk mengenang perjuangan monoteistik dan humanistik yang ditorehkan Nabi Ibrahim.

"Idul Adha bermakna keteladanan Ibrahim yang mampu mentransformasi pesan keagamaan ke aksi nyata perjuangan kemanusiaan, secara realitas pelaksanaan kurban yang dilakukan PT Pelindo ini dapat meningkatkan semangat perusahaan untuk terus memberikan kontribusi dan pelayanan terbaik bagimasyarakat kalimantan selatan", Tambah Annang.

Untuk teknis pembagian hewan kurban diterapkan sistem kupon, sebelumnya masing masing hewan kurban ditandai dengan nomor. Para penerima diharapkan untuk mengambil nomor, nomor yang diambil itulah hewan kurban yang akan dibawa pulang untuk disembelih pada idul adha nanti.

Bambang Hirawan, salah seorang penerima bantuan hewan kurban mengucapkan terimakasih kepada manajemen PT Pelindo atas bantuan yang disalurkan.
"Saya mewakili warga komplek lumba lumba berharap agar kinerja perusahaan dapat meningkat sehingga penyerahan ini dapat terus dilanjutkan pada tahun tahun yang akan datang sukur suku bisa ditingkatkan", kata Bambang.

Pewarta: Asmuni Kadri

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013