Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) H Muhammad Noor membuka kegiatan sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) HSS Nomor 64 tahun 2019, tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif dengan Pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) satu tahun pra Sekolah Dasar (SD).

Ia mengatakan, menyambut baik terlaksananya kegiatan sosialisasi Perbup tentang pengembangan PAUD holistik integratif, dengan pelaksanaan PAUD satu tahun pra SD di wilayah Kabupaten HSS.

"Sosialisasi ini merupakan hasil kerjasama antara Direktorat Pembinaan PAUD dan Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI), dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten HSS," katanya, dalam sambutan, bertempat di Gedung Kesenian, Kandangan, Senin (23/12).

Baca juga: 114 mahasiswa dan mahasiswi STAI Darul Ulum Kandangan diwisuda

Dijelaskan dia, agar melalui sosialisasi Perbup ini menjadi sarana informasi kepada semua pihak yang terlibat, untuk memperoleh pemahaman yang lengkap tentang pengembangan PAUD holistik integratif dengan pelaksanaan PAUD satu tahun pra SD.

Kegiatan ini juga selaras dengan visi pembangunan Kabupaten HSS, yaitu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan yang berkualitas, berkarakter, bermoral, dan berakhlak mulia, sebagai salah satu pilar pembangunan yang dicita-citakan bersama.

Kepala Disdik HSS Nordiansyah, mengatakan sosialisasi ini menghadirkan secara langsung narasumber Yuliati Rosita dari Direktorat Pembinaan PAUD dan Dikmas Kemdikbud RI.

Baca juga: Disdik HSS sosialisasikan penguatan sekolah inklusif

Adapun PAUD Holistik Integratif sendiri adalah penanganan anak usia dini secara utuh atau menyeluruh, mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, dan perlindungan.

"Bertujuan untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu, melibatkan berbagai pemangku kepentingan, baik di tingkat masyarakat, pemerintah daerah, dan pusat," katanya.

Turut berhadir, Bunda PAUD HSS Hj. Isnaniah Achmad Fikry, para Kepala SKPD terkait, para camat se Kabupaten HSS, para kepala desa, serta tamu dan undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019