Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Perdagangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), H.Afif Bizri, menyampaikan peserta dalam HSS Expo 2019 dibagi dalam lima kategori, dan diberikan penghargaan kepada tiga stand terbaik di setiap kategori tersebut. 

Ia mengatakan, tim panitia telah melakukan pendataan omzet selama HSS Expo baik di stand peserta, kuliner Usaha Kecil Menengah (UKM) dan juga di bidang jasa, hasil pendatan diperkirakan perputaran uang selama HSS Expo 2019 ini sebesar Rp3.018.400.000,-.

"Kami laporkan juga tentang pelaksanaan pelayanan di Lapak Layanan HSS expo 2019. Sampai penutupan ini terdata sebanyak 1.755 orang yang mendapatkan pelayanan di Lapak Layanan HSS Expo 2019," katanya, dalam penutupan HSS Expo beberapa waktu lalu, di panggung utama HSS Expo, Kandangan.

DIjelaskan dia, pada tahun 2019 ini pihaknya juga melakukan inovasi, melakukan survei dan polling secara online tentang HSS Expo. Sejak pembukaan expo Sampai jam 8 pagi, ketika survei dan polling ditutup terdata sebanyak 1.949 Responden yang mmberikan pendapat dan saran serta penialian terhadap stand peserta.

Baca juga: HSS raih penghargaan Daerah Tertib Ukur tahun 2019

Hasil survei secara tertulis akan dilaporkan ke Bupati HSS H Achmad Fikry, demi pelaksanakan HSS Expo yang lebih baik lagi ke depannya. Adapun hasil survei 20.4 persen meriah banyak pengunjung, 17,4 persen kampung kuliner, 37,6 persen jalan yg sempit dan 18 persen waktu kurang panjang.

Pihaknya mengakui masih ada kekurangan dalam pelaksanaan Expo tahun ini, namun pihaknya akan terus berupaya memberikan yang terbaik untuk masyarakat HSS.

Dan atas kekurangan tersebut, ia mewakili seluruh panitia HSS Expo 2019 memohon maaf, termasuk apabila ada hal yang tak berkenan dalam pelaksanaan HSS Expo 2019 kali ini. 

Tak lupa diucapkan terima kasih tak terhingga kepada TNI, Polri, Satpol PP, Dispera KPLH, Dinas Perhubungan HSS, EO Creative Nation, dan seluruh instansi serta masyarakat HSS yang membantu pelaksanaan HSS Expo 2019.

Bupati HSS H.Achmad Fikry, mengatakan HSS Expo di tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya, karena ada stand pelayanan khusus dan semua kegiatan terpusat di satu panggung, dengan penontonnya cukup padat.

"Kita bersyukur bahwa perputaran uang selama tujuh hari ini Rp3 miliar lebih. Ini hal yang luar biasa, dengan harapan mudah-mudahan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat kita yang berusaha," katanya.

Baca juga: Advetorial : Bupati HSS tutup HSS Expo 2019

Ditambahkan dia, agar ke depannya ada kesadaran masyarakat bisa semakin meningkat, dengan membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan, pihaknya mengajak semua pihak untuk belajar untuk dewasa terhadap pengelolaan sampah.

Adapun untuk pemenang Lomba Stand Expo HSS untuk Kategori SKPD, terbaik satu RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan, terbaik dua Dinas Kesehatan HSS dan terbaik tiga Dinas Pendidikan HSS.

Kategori Kecamatan, terbaik satu Kecamatan Padang Batung, terbaik dua Kandangan dan terbaik tiga Kalumpang, sementara kategori organisasi atau instansi terbaik satu stand Gerakan Pramuka HSS, terbaik dua Kompi Senapan C, dan terbaik tiga Dekranasda HSS.

Untuk kategori sekolah, terbaik satu diraih MAN 2 Kandangan, terbaik dua SMAN 1 Kandangan, dan terbaik tiga SLB, dan terakhir kategori perusahaan atau badan usaha terbaik satu Bank Kalsel Syariah Kandangan, terbaik dua RS Permata Bunda dan terbaik tiga BRI Kandangan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019