Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin, menyematkan Tanda Kehormatan Satyalencana Kebaktian Sosial dari Presiden RI, Joko Widodo kepada Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor .

Prestasi nasional itu dianugerahkan kepada Gubernur Kalsel pada Puncak Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2019, di Halaman Kantor Setdaprov Kalsel, Banjarbaru, Jumat, (20/12/2019).

Selain Gubernur Kalsel, Satyalancana Kebaktian Sosial juga diberikan kepada 16 orang tokoh yang turut berjasa menggerakkan dan menghidupkan nilai-nilai kesejahteraan sosial.

Gubernur Sahbirin Noor dinilai berhasil dalam peningkatan kesejahteraan sosial dan penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial di Provinsi Kalsel.

Selain itu, Gubernur yang akrab disapa Paman Birin juga dinilai berhasil dalam penanganan masalah strategis yang harus diselesaikan secara tanggap, cepat, darurat.

Gubernur Kalsel juga turut melakukan pembinaan kepada anak terlantar dan penyandang cacat mental, gelandangan dan pengemis, sehingga meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Penghargaan ini diserahkan di depan para tokoh nasional dan daerah serta 10 ribu relawan dan masyarakat yang memadati Halaman Setdaprov Kalsel.

Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin dan Menteri Sosial, Juliari P Batubara, memberikan apresiasi yang tinggi atas penghargaan nasional yang diraih Gubernur Kalsel dan penerima Satyalencana Kebaktian Sosial lainnya.

RI 2 dalam sambutanya mengingatkan pesan terkait dua persoalan penting dihadapi bangsa saat ini.

Persoalan itu adalah terkait intoleransi dan masalah kesenjangan sosial terutama mengatasi kemiskinan.

Menurut KH Ma’ruf yang didampingi istri Hj Wury Estu Handayani, untuk mengatasi masalah bangsa tersebut nilai-nilai kepedulian sosial menjadi pilar utama yg harus dihidupkan.

“Saling menghormati, peduli, dan menghargai setiap perbedaan menjadi solusi kedua persoalan tersebut. Dan ini merupakan makna dari Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial,” ucapnya.

KH Ma’ruf Amin juga mengaku terkesan atas keramahan masyarakat Kalsel dalam menyambut kedatangannya.

Satyalancana Kebaktian Sosial adalah tanda kehormatan tertinggi yang diberikan pemerintah sebagai penghargaan kepada Warga Negara Indonesia atau seseorang yang telah berjasa dalam bidang perikemanusiaan pada umumnya.

Sejak awal pemerintahannya, kebijakan Paman Birin terus menggalakkan program terkait kemanusiaan.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor mengatakan, prestasi ini merupakan prestasi bagi seluruh jajaran dan masyarakat di Provinsi Kalsel.

“Semoga prestasi ini menjadi penyemangat bagi seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat di Provinsi Kalsel dalam membangun Kalsel, terutama lebih merekatkan kepedulian sosial,” kata Paman Birin, didampingi istri Hj Raudatul Jannah usai menerima penghargaan bergengsi tersebut.

Turut berhadir pada acara tersebit yaitu Wakil Gubernur Kalsel H Rudy Resnawan, anggota Forkopimda, Sekda Kalsel H Abdul Haris Makkie, Bupati dan Walikota se-Kalsel.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019