Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta menghadiri kegiatan syukuran sekaligus meresmikan secara langsung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) KH Mansyur Kintap, Selasa (18/12).

Dalam rangkaian peresmian RSUD tersebut, Bupati Tanah Laut H Sukamta melakukan penanaman pohon rambutan serta melakukan pemotongan pita dari bunga melati  pertanda diresmikannya RSUD KH Mansyur Kintap.

Usai meresmikan RSUD tersebut Bupati Tanah Laut H Sukamta bersama rombongan mengelilingi bangunan  dan menengok pasien yang menjalani rawat inap.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD KH Mansyur Kintap Endik Aprianto mengungkapkan, sejak operasional RSUD KH Mansyur Kintap berjalan sudah melayani sebanyak 99 pasien rawat jalan, 53 pasien rawat inap, 150 pasien laboratorium, 16 pelayanan rujukan dan menerima pasien di IGD sebanyak 117 pasien.

"Di rumah sakit ini terdapat 44 tempat tidur dengan total 20 kamar.  Saya mohon maaf jika ada pelayanan yang kurang lengkap akan kami maksimalkan lagi kedepan,"ujar Endik.

Lebih lanjut dia menambahkan,  saat ini RSUD KH Mansyur belum bisa bekerjasama dengan BPJS Kesehatan karena masih menunggu operasional berjalan selama 6 bulan, maka baru dapat diajukan kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

"Karena itu jika ingin berobat kesini tinggal bawa KTP dan kartu keluarga,  maka dilayani secara gratis, khusus masyarakat Tanah Laut," jelasnya.

Sementara, Bupati Tanah laut H Sukamta mengucapkan selamat dan mengapresiasi atas diresmikannya RSUD KH Mansyur Kintap.

Menurutnya,  hal itu adalah luar biasa karena membangun RSUD adalah hal yang mudah,  namun mengoperasionalkannya adalah hal yang susah dan rumit.

"Sangat hebat diawal Desember ini sudah dapat berjalan operasionalnya,  meski penuh dengan keterbatasan. Semoga kedepan bisa ditingkatkan lagi,"ujarnya.

Selain itu,  Sukamta juga mengaku sangat bersyukur karena dalam rangkaian perayaan Hari Jadi ke-54 Kabupaten Tanah Laut bisa meresmikan dua rumah sakit sekaligus yaitu,  RSUD H Boejasin di Kelurahan Sarang Halang dan RSUD KH Mansyur Kintap.  

"Kedua rumah sakit ini kita operasionalkan bukan karena terburu-buru. Namun, keyakinan kita untuk bisa memberikan pelayanan kesehatan kepada warga Tanah Laut karena pelayanan kesehatan nomor satu untuk warga," kata Sukamta.

Sukamta berharap,  dengan letaknya yang strategis berdekatan dengan Kabupaten Tanah Bumbu menjadikan RSUD KH Mansyur sebagai pilihan bagi warga kabupaten tetangga.

Dia  menargetkan RSUD tersebut dalam kurun waktu 2 sampai 3 tahun kedepan bisa naik tipe ke tipe C.
Bupati Tanah Laut H Sukamta selepas meresmikan RSUD KH Mansyur melakukan kunjungan ke ruangan pasien, Selasa (18/12).Foto:Antaranews Kalsel/Humas.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019