Seniman senior Kalsel, Mukhlis Maman atau yang lebih akrab dipanggil Julak Larau yang hadir sebagai juri musik panting pada rangkaian kegiatan Hari jadi Kabupaten HST mengungkapkan, banyak orang asli Barabai yang punya nama dan mengharumkan Kalsel sebagai seniman, namun kehadiran mereka banyak berkecimpung di daerah lain.

"Kami mengharapkan, agar pemerintah daerah lewat Dewan Kesenian HST agar lebih agresif membina potensi para seniman muda, sehingga nantinya bisa membangkitkan semangat atau gairah mereka untuk berkarya dalam bidang seni di banua," katanya, Sabtu di Barabai.

Dia pun mengatakan siap membantu dan memberikan inspirasi bagi generasi muda yang punya bakat jadi seniman baik melalui wadah sanggar maupun organisasi kemahasiswaan.

Ketua Umum Dewan Kesenian HST yang juga Sekda HST,  H Akhmad Tamzil sangat bangga dan mengharapkan agar seni budaya di Bumi Murakata ke depan semakin pesat, hal ini tidak terlepas atas kerjasama Pemerintah Daerah dan DK HST ditandai dengan diadakannya  beberapa pergelaran dalam menyambut Hari Jadi Kabupaten HST yang ke 60 ini.

Dia berpesan, teruslah berkaya demi memajukan daerah khususnya dalam kesenian, karena banyak generasi muda yang punya potensi namun harus lebih banyak di asah kemampuan guna mengikuti event tingkat Provinsi Kalsel maupun Nasional.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019