Ribuan goweser yang mengikuti sepeda santai "Fun Bike Armada" gelaran Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin pada Minggu (15/12), menyerbu Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Tombak (629) yang sengaja dihadirkan di lokasi finis di dermaga Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Even gowes kali ini sangat menyenangkan karena kita bisa menaiki kapal perang untuk berfoto-foto," ucap Suci Paradita Sari, salah satu goweser, Minggu. 

Wanita yang berdinas di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Banjarmasin ini mengaku kehadiran KRI Tombak menjadi daya tarik baginya untuk mengikuti "Fun Bike Armada".

"Terima kasih kepada Lanal Banjarmasin atas even olahraga yang sangat seru ini, tentu jadi pengalaman berbeda usai gowes kita bisa bersantai di atas KRI sembari menikmati pemandangan perairan sungai Barito," tutur perempuan yang sering dipanggil Cici ini.
Para peserta "Funbike Armada" dilepas di Mako Lanal Banjarmasin. (antara/foto/firman)


Gowes dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Armada RI ke-60 tahun 2019 itu memang disambut antusias pecinta olahraga bersepeda.

Tercatat lebih dari 2.000 peserta ikut serta dengan start Mako Lanal Banjarmasin dan finis di dermaga Pelabuhan Trisakti Banjarmasin yang berjarak sekitar 10 kilometer.

Baca juga: Prajurit TNI-AL bangga ikut terjun payung di Pariaman

Bahkan, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina turut menjajal sepanjang rute gowes hingga meninjau KRI Tombak dari jajaran Satuan Kapal Cepat Koarmada II Surabaya yang "open ship".

"Selamat Hari Armada untuk Angkatan Laut. Terima kasih juga kepada Komandan KRI Tombak Letkol Laut (P) Adam Tjahya atas kehadirannya menunjukkan kapal perang kepada masyarakat di Kota Seribu Sungai," katanya.

Sementara Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Sandharianto mengatakan pihaknya berupaya mewujudkan semangat HUT Armada melalui pengabdian kepada masyarakat dalam menumbuhkan kecintaan dunia kemaritiman.

"Kegiatan ini adalah sarana mempererat silahturahim Lanal Banjarmasin dengan seluruh lapisan masyarakat. Telah hadir pula KRI Tombak sebagai salah satu unsur kekuatan Armada RI dan Kapal Angkatan Laut (KAL) Kumai sebagai unsur patroli kebanggaan Lanal Banjarmasin," pungkasnya.

Baca juga: Komandan Pos TNI AL Ilwayab jadi guru anak-anak pesisir

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019