Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor berharap masyarakat terlibat aktif dalam pengembangan sektor pariwisata sehingga potensi wisata daerah bisa berkembang pesat sebagaimana daerah lainnya.

Menurut gubernur di Banjarmasin, Jumat, keterlibatan masyarakat menjadi unsur yang sangat penting untuk mendorong percepatan pengembangan pariwisata daerah.

Sehingga, tambah dia upaya meningkatkan kemampuan sumber daya manusia masyarakat sekitar lokasi wisata, kini menjadi salah satu program pemerintah yang terus digalakkan.

Salah satunya adalah melalui program pembinaan dan pengembangan kelompok masyarakat sadar wisata (Pokdarwis).

Peran Pokdarwis sangat penting dalam memajukan pariwisata, sehingga seluruh anggota Pokdarwis harus terus belajar dan membekali diri dengan pengetahuan tentang pengembangan pariwisata.

"Sektor pariwisata juga merupakan sektor yang sangat potensial untuk menjadi penggerak perekonomian masyarakat," ujarnya.


Kalsel, tambah dia memiliki potensi wisata sangat potensial, sehingga perlu upaya seluruh pihak untuk merawat dan mengembangkannya.

Caranya, dengan terus melakukan berbagai inovasi, agar destinasi yang dimiliki dapat terus memiliki daya tarik.

Kadispar Provinsi Kalimantan Selatan, Dahnial Kifli mengatakan pembinaan terhadap SDM pariwisata terus dilakukan.

"Kita memiliki banyak destinasi wisata alam, sehingga pembinaan SDM harus terus dilakukan, agar para wisatawan merasa nyaman," lanjutnya.

Berbagai potensi wisata alam Kalsel yang kini sudah mendunia adalah, Wisata Loksado di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Wisata alam kehutanan, wisata konservasi bekantan, Lembah Kahung dan potensi wisata lainnya.

Seluruh potensi wisata tersebut, kini berkembang cukup pesat, dan mulai dilirik oleh wisatawan dari berbagai negara.

Sebelumnya, Pemprov Kalsel melaksanakan kegiatan Jambore Pokdarwis di Alam Roh 20 Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.


 

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019