Rangkaian Pemilihan kepala desa (Pilkades) Serentak Gelombang III Tahun 2019 di Kabupaten Barito Kuala telah berakhir yang pelaksanaannya berjalan kondusif.

"Alhamdulilah Pilkades di 7 desa semuanya lancar dan seluruh kandidat menerima hasilnya tanpa ada protes dan sebagainya," terang Wakapolres Barito Kuala Kompol Jatmika di Marabahan, Selasa.

Mewakili Kapolres Barito Kuala AKBP Bagus Suseno, dia menyampaikan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah berhasil melaksanakan Pilkades.

Menurut Jatmika, masyarakat di Barito Kuala telah menunjukkan sikap begitu dewasa dalam berdemokrasi, sehingga hasil Pilkades diterima dengan legowo.

Sedangkan kepada seluruh personel keamanan yang terlibat menjaga Tempat Pemungutan Suara (TPS), Wakapolres memberikan apresiasi atas tugas pengabdiannya tanpa kenal lelah mengawal Pilkades dari seluruh tahapannya hingga proses pencoblosan.
Polres Barito Kuala mengerahkan total 133 personel untuk mengamankan Pilkades serentak yang berlangsung 4 Desember 2019 lalu. Polisi tidak ingin kecolongan hingga pengamanan dilakukan secara maksimal meski situasi relatif terjaga kondusif. 

Langkah kesiapsiagaan aparat itu sesuai dengan instruksi Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani agar Polres dapat menjamin Pilkades berlangsung aman dan lancar.

Adapun tujuh desa yang menggelar Pilkades yaitu Desa Jelapat Baru Kecamatan Tamban, Desa Belandean Muara Kecamatan Alalak, Desa Roham Raya Kecamatan Wanaraya, Desa Bahandang Kecamatan Jejangkit, Desa Anjir Pasar Kota Kecamatan Anjir Pasar, Desa Antar Raya Kecamatan Marabahan, dan Desa Sungai Rasau Kecamatan Cerbon.

Pelaksanaan pencoblosan di TPS pun dilakukan pemantauan langsung oleh Kapolres Barito Kuala AKBP Bagus Suseno guna memastikan anggotanya telah memberikan pengamanan maksimal.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019