Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta mengatakan, moment peringatan Hari Ibu ke-91 Tahun 2019, kaum perempuan  diharapkan mampu berperan dalam pembangunan bangsa.

"Peringatan  Hari Ibu dimeriahkan dengan jalan sehat ini, saya harap bisa meningkatkan peran perempuan dalam menunjang pembangunan bangsa. Untuk itu perlu ditopang kebugaran dengan senantiasa berolahraga," ujar Sukamta saat melepas peserta jalan santai dalam rangka peringatan Hari Ibu ke-91 Tahun 2019, di RTH Kijang Mas Pelaihari,  Sabtu (7/12).

Bukan hanya itu, sebut dia, semangat gotong-royong dan jalinan silaturahmi juga sangat baik dibudayakan. 

Karena, ungkap dia,  sehat itu penting, namun  perilaku baik juga  tidak kalah pentingnya.

“Hari Ibu sendiri ditetapkan Presiden Soekarno melalui Dekrit Presiden No.316/1959,  menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu. Ditetapkannya tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu  karena pada tanggal tersebut pertama kalinya diselenggarakan Kongres Perempuan Indonesia di Jogjakarta Tahun 1928,” tuturnya.

Bupati  menjelaskan,  peristiwa tersebut dikenang sebagai awal mula perjuangan kaum perempuan di Indonesia. 

Pada tanggal tersebut, terang dia,  berbagai pemimpin dari organisasi perempuan di seluruh Indonesia berkumpul untuk bersatu dan berjuang untuk kemerdekaan serta perbaikan nasib kaum perempuan.

Jalan santai diikuti kurang lebih 200 peserta dari gabungan seluruh organisasi  wanita tersebut, panitia penyelenggara menyiapkan  doorprize  dan hadiah utama berupa kulkas, agar menambah kemeriahan acara tersebut.
 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019