Kepolisian Resor (Polres) Tapin, Kalimantan Selatan, meluncurkan pelayanan berbasis digital melalui aplikasi bernama Halo Tapin, dengan fitur tombol panik yang terkoneksi langsung dengan telepon seluler milik Kapolres Tapin.

"Alhamdulilah, aplikasi pertama kali di wilayah Kabupaten Tapin ini jadi tonggak kemajuan pelayanan kepolisian sesuai tuntutan zaman modern saat ini," kata Kapolres Tapin AKBP Eko Hadi Prayitno di Rantau, Kamis.

Pria yang baru menjabat dua bulan itu berharap masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi yang ada untuk menghubungi pihak terkait apabila ada kejadian kejahatan, kebakaran atau peristiwa kecelakaan di jalan raya.

"Jadi masyarakat tidak perlu bingung lagi ketika melihat kejadian di hadapan mata. Tinggal tekan tombol panik, polisi terdekat akan langsung mendatangi lokasi," katanya.

Ia mengatakan anggota Bhabinkamtibmas yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Tapin siap siaga jika mendapatkan laporan melalui aplikasi yang digunakan masyarakat tersebut.
Kapolres Tapin AKBP Eko Hadi Prayitno saat acara peluncuran aplikasi Halo Tapin di momen Hari Jadi Kabupaten Tapin. (antara/foto/firman)


Ke depan, kata Eko, aplikasi itu bakal terus dikembangkan dengan melibatkan banyak instansi teknis seperti pemadam kebakaran, rumah sakit serta instansi pelayanan publik seperti Halo Dokter dan Halo Bidan.

Kemudian juga Dinas Sosial setempat guna penanganan orang dengan gangguan kejiwaan yang membutuhkan bantuan untuk dirawat agar tak berkeliaran di jalan.

"Kami harap masyarakat dapat menggunakan aplikasi ini secara bijak yang tujuannya untuk kebersamaan dan menolong orang yang membutuhkan bantuan," katanya.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019