Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani menerima penghargaan Dwija Praja Nugraha tahun 2019 dari Pengurus Pusat Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) atas komitmennya memajukan kualitas pendidikan.

Penghargaan diterima dari Menteri Pendidikan RI Nadiem Makarim saat upacara puncak HUT PGRI ke-74 dan Hari Guru Nasional yang ke-34 pada tanggal 30 November 2019 di Bekasi, Jawa Barat.

Dwija Praja Nugraha merupakan apresiasi tertinggi dari guru-guru yang tergabung dalam PGRI kepada kepala daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam memajukan kualitas pendidikan.

Selain itu, juga komitmen dalam meningkatkan mutu pendidikan dan meningkatkan kesejahteraan guru di daerah sehingga PGRI Banjarbaru yang mengusulkan Nadjmi Adhani mendapatkan penghargaan itu.

Wali Kota Banjarbaru yang sudah menjabat tiga tahun lebih itu telah melakukan banyak hal selama masa kepemimpinannya meningkatkan mutu pendidikan dan peduli dengan kesejahteraan guru.

Diketahui, Pemkot Banjarbaru memiliki banyak program dalam memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan seperti Program Pendidikan Berkarakter untuk menanamkan 5 nilai kepada pelajar.

Nilai tersebut antara lain nilai religius, etika, cinta tanah air, cinta lingkungan dan pandai berwirausaha sehingga selain akhlaknya baik juga siswa memiliki kemampuan dalam berusaha di berbagai sektor.

Selain itu, Pemerintah Kota Banjarbaru juga terus mendukung penggunaan teknologi informasi untuk memudahkan dan memajukan kualitas pendidikan sehingga sumber daya manusia semakin baik. 

Wali Kota mengatakan, Pemkot Banjarbaru telah melakukan upaya meningkatkan mutu pendidikan dan kesejahteraan guru dengan cara memberikan insentif kepada guru, baik sekolah negeri maupun swasta.

Termasuk bantuan biaya kontribusi dan transport bagi guru negeri yang mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan, diklat dan pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru.

"Saya berterima kasih kepada guru yang tergabung dalam PGRI dan telah mengusulkan untuk menerima penghargaan. Tugas meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan adalah tanggung jawab semua," katanya.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019