Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau yang akrab disapa Paman Birin mengapresiasi 
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang terus menggelorakan olahraga.

Hal itu dikatakannya saat membuka secara resmi Turnamen Futsal Wartawan Antardesk bertajuk "PWI Adaro Cup 2019" di lapangan Borneo Futsal Banjarmasin pada Minggu (1/12).

"Saya sangat berterima kasih kepada PWI yang konsisten menggelar turnamen futsal ini. Semoga terus lahir atlet-atlet dari kalangan wartawan yang nantinya dapat mengharumkan nama Banua di kancah nasional," ucap gubernur.

Tak hanya futsal, Paman Birin pun berharap cabang olahraga lainnya dapat juga digelorakan oleh jajaran PWI. Begitu juga perusahaan lainnya juga diharapkan turut mendukung setiap kegiatannya. Seperti halnya Adaro yang rutin jadi sponsor utama di Turnamen Futsal Wartawan Antardesk tersebut.

"Sinergitas seluruh elemen antara pemerintah, wartawan, pengusaha dan stakeholder lainnya bisa saling mendukung dalam upaya menggelorakan semangat berolahraga di Bumi Lambung Mangkurat," tandasnya.
Sementara Ketua PWI Provinsi Kalsel Zainal Helmie mengucapkan terima kasih kepada gubernur yang selalu meluangkan waktu untuk membuka turnamen tahunan tersebut.

"Sejak Paman Birin menjabat, ini sudah tahun keempat beliau hadir baik untuk pembukaan ataupun saat penutupan. Tentu ini jadi kebanggaan bagi seluruh insan pers pecinta futsal," tuturnya.

Di sisi lain, kehadiran orang nomor satu di Pemprov Kalsel itu menurut Helmie, memberikan suntikan motivasi lebih untuk para atlet futsal yang akan bertanding di Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) tahun depan.

"Turnamen ini selalu kami jadikan ajang seleksi untuk Porwanas yang tahun 2020 digelar di Malang, Jawa Timur. Futsal menjadi cabang olahraga andalan PWI Kalsel," bebernya.

Untuk keikutsertaan di Porwanas nanti, Helmie memasang target 10 besar bagi kontingen Kalsel. Dimana pada ajang tiga tahunan itu sebelumnya di Jawa Barat tahun 2016, PWI Kalsel menempati peringkat 9. 

Sedangkan sewaktu menjadi tuan rumah di Banjarmasin pada event Porwanas sebelumnya lagi, PWI Kalsel berhasil menorehkan prestasi tertinggi yaitu di peringkat 4.

"Selain futsal, cabor andalan kita untuk meraih medali yaitu biliar, bulutangkis dan tenis meja," pungkas
Helmie didampingi Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Kalsel Yusnan.

Turut hadir saat seremoni pembukaan Kepala Biro LKBN Antara Kalimantan Selatan Nurul Aulia Badar yang menyatakan apresiasinya terhadap PWI Kalsel atas komitmennya meningkatkan prestasi olahraga para jurnalis di Banua.  

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019