Warga penerima manafaat Bantuan Sosial (Bansos) di Dua Kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), yakni Kecamatan Padang Batung dan Telaga Langsat menerima penyerahan bansos, berupa berupa Program Rumah Sejahtera, Bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dan Bansos Pemakanan bagi anak LKSA.

Bupati HSS H.Achmad Fikry, di Karang Jawa Muka, Senin (25/11), mengatakan program ini sudah memasuki enam tahun, dan ia sudah tahun ke-6 menjadi bupati dan program bantuan ini akan terus berjalan sampai dengan sebagian besar masyarakat yang belum beruntung itu bisa menikmati.

Baca juga: Bupati HSS serahkan bansos untuk wilayah Daha

“Karena semangat kami itu adalah semangat bagaimana masyarakat yang belum beruntung dan yang tidak berkemampuan dapat memenuhi keperluan hidup, itu selalu menjadi perhatian pemerintah daerah,”katanya, di sela kegiatan penyerahan bansos, bertempat Desa Karang Jawa Muka, Kecamatan Padang Batung. 

Dijelaskan dia, kalau sudah berusaha maju untuk tidak tergantung pada pemerintah lagi, berwirausaha menambah modal bisa melalui perbankan. Dan pihak dia ingin membuka akses bagi warga yang ingin menambah modal usaha bisa bisa melalui perbankan.

Selain itu, semangat dalam penyerahan bantuan ini adalah semangat untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dan meningkatkan pendapatan, namun ia juga meminta bantuan yang diberikan tidak bisa diberikan secara bersamaan, harus dengan skala prioritas

Kepala Dinas Sosial HSS Hj Siti Erma, mengatakan penyerahan bansos ini sekaligus dua Kecamatan Padang Batung dan Kecamatan Telaga Langsat, bansos UEP di dua kecamatan diserahkan sebanyak 58 Penerima Manfaat (KPM) sebesar Rp3 juta per KPM.

Baca juga: Program bantuan sosial HSS masuki tahun keenam

Program Rumah Sejahtera APBD-P tahun 2019 juga kedua kecamatan diserahkan sebanyak 44 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebesar Rp13.908.000  per KPM serta bansos Pemakanan bagi anak LKSA Babussalam sebesar Rp93.075.000.

Dalam kesempatan ini diserahkan pula alat kompresor untuk tambal ban, kartu perdana untuk jual pulsa secara simbolis serta meja dan etalase, alat masak untuk membuat kue, alat mesin jahit dan alat tata rias kepada dua orang yang telah mengikuti kursus keterampilan menjahit dan merias.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019