Sebanyak 64 tim dari sejumlah klub sekolah sepakbola di Kalimantan Selatan mengikuti Turnamen Paman Birin Cup U 12 tahun 2019 yang diselenggarakan di lapangan bola Murjani Banjarbaru.

Kegiatan yang resmi digelar Sabtu dibuka Gubernur Kalsel Sahbirin Noor diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel Hermansyah dihadiri tim-tim yang bertanding dalam event sepakbola usia dini itu

"Kami bersyukur melihat antusiasme  puluhan sekolah sepakbola di Kalsel mengikuti turnamen ini. Banyaknya peserta menandakan pembinaan sepakbola usia dini selama ini sangat baik," ujarnya. 

Ia mengharapkan, turnamen yang dilaksanakan selama lima hari dapat menghasilkan bibit pesebakbola di Kalsel karena pesertanya berasal dari 13 kabupaten dan kota yang tersebar di provinsi setempat. 

Disebutkan, tujuan turnamen yang menjadi agenda rutin tahunan itu adalah membangun sportivitas dan menanamkan semangat kompetisi bagi anak usia dini sehingga mereka semakin matang berprestasi. 

"Harapan kami, melalui turnamen ini lahir bibit pesepakbola handal dan mampu lebih meningkatkan prestasi sepakbola Kalsel disamping program pembinaan yang akan terus kami tingkatkan," ucapnya. 

Menurut dia, Turnamen Paman Birin U 12 tahun 2019 sengaja di gelar di Kota Banjarbaru karena kota itu merupakan barometer pembinaan sepakbola usia dini di Kalsel dilihat dari banyaknya klub sepakbola. 

"Data inventarisasi di Dispora Kalsel, pendidikan olahraga usia dini paling banyak ada di Banjarbaru. Selain itu, sarana dan prasarana olahraga juga memadai, seperti lapangan Murjani ini," ungkapnya. 

Dikatakan, tahun depan rencananya turnamen digelar di daerah-daerah di Kalsel seperti Tanah Laut, Tabalong, bahkan Kabupaten Kota Baru agar pembinaan sepakbola tidak hanya tersentralisasi di kota.

"Setelah turnamen ini, kami minta Fosbi Kalsel menginventarisasi juara dan anak-anak usia dini yang punya telenta sehingga bisa dijadikan satu tim usia dini dan akan dibina secara profesional," katanya. 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019