Penjabat Sekretrasi Daerah Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan  Muhammad Darmin mengatakan,  pada tahun 2019 Kabupaten Tanah Laut  mendapat dana alokasi khusus (DAK) fisik maupun nonfisik, dimana prosesnya bertahap dan berbagai bidang.

"Pekerjaan harus kita awasi dan dimonitor percepatan maupun proses pembangunannya,  karena sebentar lagi musim hujan tiba. Kegiatan fisik selesaikan saat ini  juga kalau bisa,"ujarnya saat membuka Focus Grup Discussion (FGD) Percepatan Penyaluran Sekaligus Monitoring Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik tahap III tahun anggaran 2019 di Aula Sarantang-Saruntung Kantor Setda Tanah Laut, Senin (4/11).

Muhammad Darmin juga menuturkan,  pada tahun 2019 Kabupaten Tanah Laut   mendapatkan DAK fisik reguler dan penugasan proses penyalurannya bertahap serta sekaligus . 

Menurutnya,  penyaluran DAK fisik pada tahun anggaran 2019  dilakukan secara bertahap dengan rincian,  tahap pertama paling cepat Februari 2019 dan paling lambat Juli 2019.

Pada tahap kedua, jelas dia,  DAK disalurkan paling cepat April 2019 dan paling lambat Oktober 2019 serta tahap ketiga paling cepat September 2019 dan paling lambat Desember 2019.

"Penyaluran DAK fisik tahun anggaran 2019 disalurkan berdasarkan masing-masing bidang.  Sampai saat ini belum ada penyaluran tahap ketiga,  namun ada yang sudah meminta review tahap kedua untuk bidang sanitasi dan bidang pendidikan," paparnya.

Melalui Focus Grup Discussion (FGD) tersebut,  Penjabat Sekda Tanah Laut ingin seluruh pihak lebih mengerti dan memahami segala proses yang ada maupun peraturannya.

"Saya berharap semua permasalahan dan kendala di lapangan agar dapat dikemukakan dan dapat dipecahkan dalam FGD ini. Untuk itu manfaatkan sebaik-baiknya untuk lebih mengetahui dengan benar atau bertanya langsung, sehingga dalam pelaksanaannya tidak ada terjadi kesalahan dan bermasalah kedepannya, sehingga berjalan efisien, efektif, transparan, terbuka, adil dan akuntabel,”tandasnya.

Dia  berharap,  seluruh peserta FGD  untuk mengikuti kegiatan  dengan serius dan penuh perhatian agar memahami secara menyeluruh.
 
FGD Percepatan Penyaluran Sekaligus Monitoring DAK Fisik tahap III TA 2019 tersebut dilaksanakan atas kerjasama BPKAD Tanah Laut dengan KPPN Pelaihari dan kegiatan tersebut juga menghadirkan dua orang narasumber dari KPPN Pelaihari.

 
Penjabat Sekdakab Tanah Laut M Darmin membuka Focus Grup Discussion (FGD) Percepatan Penyaluran Sekaligus Monitoring Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik tahap III tahun anggaran 2019 di Aula Sarantang-Saruntung Kantor Setda Tanah Laut, Senin (4/11).Foto:Antaranews Kalsel/Humas.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019