Oleh Rusmanadi

Tanjung, (Antaranews.Kalsel) - Desa Halangan, Tabalong, Kalimantan Selatan, meraih predikat terbaik lomba perpustakaan desa tingkat kabupaten yang diadakan kantor perpustakaan dan kearsipan daerah setempat.

Perpustakaan di Desa Halangan, Kecamatan Pugaan, Tabalong, memenangkan lomba perpustakaan itu, karena memilki koleksi buku cukup banyak dan memberikan pelayanan yang cukup baik kepada masyarakat, jelas Kepala Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Tabalong Yuhani di Tanjung, Senin.

Sementara lomba perpustakaan terbaik tingkat SLTP diraih oleh SMPN 1 Tanjung, katanya.

"Sebelumnya, Tabalong meraih predikat terbaik lomba perpustakaan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan dan prestasi ini menjadi motivasi untuk terus meningkatkan pelayanan kantor perpustakaan bagi masyarakat," jelas Yuhani.

Yuhani menyebutkan bahwa untuk mendukung pengembangan perpustakaan di desa, Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, telah menyalurkan sebanyak 1.000 eksemplar buku termasuk raknya.

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kalsel Muhammad Hawari menargetkan membangun sebanyak 600 unit perpustakaan desa di seluruh kabupaten dan kota di provinsi ini.

Hawari pun optimistis sekitar 475 perpustakaan desa bakal rampung dibangun pada tahun ini termasuk membangun tiga perpustakaan kecamatan, yakni di Kabupaten Banjar, Tapin, dan Kabupaten Tanah Bumbu.

"Masing-masing perpustakaan desa juga mendapatkan bantuan 1.000 eksemplar buku, rak dan target 2015 kita sudah memiliki 1.000 perpustakaan desa sehingga satu perpustakaan bisa melayani dua desa," jelas Hawari.

Sementara itu, perkumpulan putra/putri saraba kawa(Pusaka) Tabalong meluncurkan Program Ambin Baca di lima desa yakni Desa Hikun dan Desa Jangkung Kecamatan Tanjung guna meningkatkan minat baca masyarakat.

Termasuk di Desa Murung Karangan, Kecamatan Muara Harus, Desa Bilas, Kecamatan Upau, dan Desa Saradang, Kecamatan Haruai, katanya. 

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013