Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan menngelar upacara peringatan ari Santri Nasional 2019 di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, Selasa (22/10).

Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalsel Agus Toyib  bertindak sebagai Inspektur Upacara pada kegiatan Upacara Bendera dalam rangka Hari Santri Nasional Tahun 2019 mengatakan, sangat bangga dengan keberadaan santri yang ada di Lapas Amuntai karena  dukungan dari Kementerian Agama Hulu Sungai Utara dan para ustad.

“Saya berpikir kedepan ingin menjadikan Lapas Amuntai sebagai Lapas santri di Kalimantan Selatan dan menjadi percontohan bagi satuan kerja lainnya dengan dukungan yang baik dari pihak eksternal, baik pemerintah daerah maupun instansi terkait lainnya," ungkapnya.

Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara sampai saat ini, sebut dia,  telah memberikan bantuan kepada Lapas Amuntai, mulai dari mobil operasional, seragam WBP atau biasa disebut santri dan peralatan pembinaan kemandirian lainnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Bagian Program dan Humas Sugito, Kepala Lapas Kelas IIB Amuntai selaku tuan rumah dan para undangan.

Selain itu,  juga hadir perwakilan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Utara Nasrullah, dengan peserta upacara para perwakilan WBP atau  santri Lapas Amuntai,  para pejabat struktural dan pegawai Lapas Amuntai serta para Kepala UPT Pemasyarakatan terdekat di Banua Enam.  

Kegiatan Upacara ditutup dengan  memberikan bantuan atau tali asih oleh Kakanwil Kemenkum HAM Kalsel Agus Toyib secara selaku pribadi kepada pengurus Pondok Pesantren Attaubah Lapas Amuntai, untuk keperluan kegiatan pesantren serta pemberian hadiah kepada para pemenang lomba dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2019.

Sehari sebelumnya, Kakanwil Kemenkum HAM Kalsel Agus Toyib juga mengikuti kegiatan keagamaan berupa sholat wajib, sholat hajat berjamaah, pembacaan surat Yaasin dan tausyiah bersama santri Pondok Pesantren Attaubah Lapas Amuntai.  
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan Agus Toyib menjadi pemimpin upacara pada upacara peringatan ari Santri Nasional 2019 di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, Selasa (22/10).Foto:Antaranews Kasel/Istimewa.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019