Pelaksana tugas Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat dan desa  Kabupaten Hulu Sungai Utara Joharyadi mengatakan program inovasi desa akan meningkatkan kualitas perencanaan desa di 2020.

"Hasil inovasi desa harus kita kawal dan bantu kekurangan serta kendalanya agar nanti bisa meningkatkan kualitas perencaan sehingga penggunaan dana desa lebih efektif bagi meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa," ujar Joharyadi di Amuntai, Rabu.

Joharyadi mengatakan,  upaya mengawal hasil dari inovasi desa dilakukan dengan cara menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa.

Baca juga: Sosialisasi MKJP kepada tokoh agama

Pihak DPMD melalui tim inovasi kabupaten ( TIK) kembali mengundang pejabat SKPD tetkait pada rapat koordinasi program Inovasi desa (PID) untuk tujuan pengawalan dimaksud.
 
. (Eddy Abdillah)

"Sesuai visi nawacita, maka pembangunan desa harus mampu meningkatkan kesejahteran masyarakat didesa melalui peningkatan produktivitas masyarakat, pengelolan sumber daya lokal yang memiliki daya saing dan kemandirian ekonomi," jelasnya.

Dikatakannya, untuk perencanaan pembangunan daerah maka perlu mengembangkan kawasan yang inovatif sebagai sumber inspirasi dan semangat membangun bagi masyarakat desa.

Baca juga: Wahid pastikan hanya daftar Cawagub di Golkar
Melalui Rakor PID, joharyadi mempersilakan masing-masing desa untuk kembali saling tukar pengalaman dan pengetahuan untuk mewujudkan dan mengembangkan inovasi-inovasi desa selanjutnya.

Kesempatan rakor juga dimanfaatkan DPMD memaparkan beberapa hasil penyerapan dana program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat sebagai bahan masukan dan kajian.

Jokaryadi kembali mengingatkan, bahwa PID merupakan salah satu upaya pemerintah khususnya kementrian desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi dalam agenda mewujudkan vusi nawacita dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional 2015 sampai dengan 2019.

Diharapkan hingga akhir 2019 semua desa dan kelurahan sudah memiliki satu atau lebih inovasi desa sebagaimana yang juga diharapkan Bupati HSU H Abdul Wahid saat launcing PID beberapa waktu lalu.

Baca juga: HSU helps stunting families to be new entrepreneurs
Baca juga: Regent HSU awarded for his success in lowering stunting

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019