Sebanyak 50 tokoh agama di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan diundang menghadiri kegiatan pengenalan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP).

Narasumber yang dihadirkan salah satunya Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten HSU KH Said Masrawan Lc.

"Kita ingin menggeng para tokoh agama agar nantinya mereka turut membantu memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat mengenai program KB," ujar Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Daerah (DPPKB) Kabupaten HSU Hj Anisah Rasyidah Wahid di Amuntai, Selasa.

Anisah mengatakan, masih ada anggaran yang keliru dari masyarakat bahwa program KB untuk membatasi kelahiran anak. Padahal program KB berupaya membantu pasangan suami istri untuk melahirkan pada usia yang ideal, mengatur jarak kelahiran yang ideal dengan menggunakan alat kontrasepsi sehingga lebih mudah dalam mewujudkan keluarga sejahtera.
 
. (Eddy Abdillah)

Sedangkan, Ketua MUI HSU Said Masrawan didepan tokoh agama menjelaskan tinjauan Al Qur'an dan hadist Nabi SAW terhadap penggunaan alat kontrasepsi.

Ia menjelaskan program KB "Azl ini tidaklah sama dengan pengguguran kandungan (aborsi) karena KB dilakukan terhadap sperma atau ovum yang belum bercampur sehingga belum memiliki roh.

Kontrasepsi juga terkait tanggung jawab kepemimpinan seorang lelaki didalam rumah tangganya dalam rangka mewujudkan keluarga sejahtera.sesuai bunyi salah satu Hadist Nabi.

Nara sumber dari Dinas Kesehatan dr Mida Sari mejelaskan dari aspek kesehatan dan fungsi seksual, Menurutnya kontrasepsi jangka panjang tidak berdampak merubah fungsi seksual.

"Kehidupan seksual suami istri akan berjalan normal seperti biasa," katanya.
 
. (Eddy Abdillah)

Selain itu, lanjut dr Mida, kemampuan mencegah terjadinya kehamilan menggunakan MKJP mencapai 99 persen dibanding alat kontrasepsi lain, sehingga pasangan suami isteri bisa mengatur jarak kehamilan yang ideal.

Biaya untuk menggunakan MKJP juga terjangkau, tidak mempengaruhi produksi air susu ibu (ASI) dan mencegah terjadinya resiko kematian ibu dan bayi berkat pengaturan jarak kehamilan tersebut.

Disampaikan macam-macam MKJP seperti Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR)/IUD, Alat Kontrasepsi Bawah Kulit(AKBK)/Implan/Susuk.

Ada pula, katanya, operasi pada perempuan  dengan mengikat atau pemotongan pada saluran telur (Tubektomi), dan pada laki laki disebut Vasektomi.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019