Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry didampingi Sekretaris Daerah H Muhammad Noor menghadiri syukuran ruang kelas baru santriwati Pondok Pesantren (Ponpes) Dalam Pagar.

Pengasuh Ponpes Dalam Pagar KH Ahmad Syairazi, di Kandangan, Selasa (15/10), mengatakan dirinya bersama jajaran dan seluruh santri serta santriwati sangat merasa gembira dengan kehadiran Bupati HSS kali ini.

"Acara kali ini kita selenggarakan sebagai tanda syukur kita sekaligus sebagai ucapan terimakasih kepada H. Achmad Fikri selaku Bupati HSS yang telah memberikan hibah sekolah kepada Ponpes Dalam Pagar, yang mana sekarang kita gunakan sebagai ruang belajar untuk santriwati," katanya.
 

Syukuran kelas baru santriwati Ponpes Dalam Pagar (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: 47 qari-qariah terbaik HSS ikuti training center

Dijelaskan dia, berkat hibah yang diberikan Bupati HSS kepada ponpes ini pembelajaran dalam meneruskan perjuangan dan syariat ataupun risalah Nabi Besar Muhammad SAW di Pondok menjadi semakin mudah.

Lebih lanjut, dikatakan pada tahun 2020 nanti di Ponpes Dalam Pagar akan diadakan Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebanyak dua lokal laki-laki dan dua lokal perempuan, serta akan ada perguruan tinggi kelas bersama dengan Darul Ulum Kandangan.

Bupati HSS H. Achmad Fikri, mengatakan pihaknya selaku pemerintah daerah merasa sangat terbantu dengan adanya Ponpes Dalam Pagar Kandangan, terutama untuk mencapai visi misi Kabupaten HSS yang cerdas, inovatif, tehnologis dan agamais untuk terwujudnya kesejahteraan dunia akhirat.

"Untuk kebahagiaan dunianya pemerintah daerah bisa lebih banyak campur tangan, tapi pada posisi untuk kebahagiaan akhirat ini kami sangat berharap peran ponpes, majelis ta'lim atau zikir," katanya.
 

Syukuran kelas baru santriwati Ponpes Dalam Pagar (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Rapat Kerja MUI HSS kuatkan sinergi ulama dan umara

Menurut dia, tahun ini pihaknya akan menyediakan dana hibah kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) HSS dan menyelenggarakan kerjasama untuk memberangkatkan santri dan santriwati di berbagai Ponpes di  wilayah HSS hasil seleksi untuk dikirim menuntut ilmu ke luar daerah ataupun luar negeri.

Bagi santri dan santriwati berprestasi dari hasil seleksi MUI Kabupaten HSS akan dikirim menuntut ilmu, dan nantinya  diserahkan kepada MUI akan dikirim kemana, apakah ke Dalwa, Tarim, atau Mesir.

Turut hadir, Kepala Dinas Pendidikan HSS Noordiansyah, Kabag Kesra H.Muhammad Thaha, para habib, para Ustadz dan Ustadzah serta para santri dan santriwati Ponpes Dalam Pagar Kandangan.

Syukuran kelas baru santriwati Ponpes Dalam Pagar (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019