Dua rumah warga di Komplek 25b, Kelurahan Paringin Kota, Kecamatan Paringin, yang merupakan ibukota Kabupaten Balangan, dan merupakan pemukiman padat penduduk, dilalap si jago merah pada Selasa, (8/10) sekitar pukul 03.30 Wita dini hari.

Belasan mobil pemadam kebakaran serta ratusan warga bergotong royong berupaya padamkan api dengan berbagai peralatan yang bisa digunakan.

Dari saksi mata yang merupakan warga setempat dan bertempat tinggal tepat diseberang rumah yang terbakar, Upik mengungkapkan, api pertama kali ia lihat membesar dari ruang tengah rumah Taufik  H Ramli.

Tak berapa lama api merambat ke sebelah rumah H Zaini (65), dan menghanguskan 100 persen kedua rumah warga tersebut. Dan tidak ada korban jiwa.

"Api sudah membesar disekitar bagian tengah rumah Taufik H Ramli, tak berapa lama api sudah merambat ke rumah H Zaini, semua penghuni sudah keluar dan todak sempat menyelamatkan harta benda," tuturnya.

Disampaikan Kasi Kedaruratan BPBD Balangan, api bisa dikuasai sepenuhnya sekitar pukul 04.00 Wita, dan pembasahan hingga pukul 04.30 Wita.

Berikut daftar nama korban kebakaran yang terjadi subuh dini hari di Komplek 25b, Kelurahan Paringin Kota, Kecamatan Paringin, berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan.

Rumah H Ramli (70), Taufik (37), Mina (33), Diyu (13) kelas 1 SMP, Apni (8) kelas 3 S, dan balita satu tahun, rumah terbakar 100 %.
 
Rumah H Zaini (65), HJ Muslinah (61), Abi (14) kelas 2 MTs, rumah yang terbakar 100%.

"Untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian, dugaan sementara akibat arus pendek listrik," tutur Syuhada Seksi Kedaruratan BPBD Balangan.

Disampaikan pula, untuk Armada, Unit dan Anggota yang terlibat dalam pemadaman:

- BPBD Kabupaten Balangan,
- BPK Rica jaya,
- BPK Awayan,
- BPK Ulin,
- BPK Batu Piring,
- Polsek Paringin,
- BPK Komplek 25b,
- BPK Lampihong,
- BPK Merpati,
- BPK Juai,
- BPK Asgut,
- BPK Halong.  

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019