Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, berharap instansi terkait terutama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat, secepatnya melakukan penangangan serta pengusulan anggaran guna perbaikan jalan di Desa Matang Lurus, Kecamatan Lampihong, yang mengalami amblasan tanah.

Disampaikan Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Balangan, Erly Satriana, berserta anggotanya ketika berkunjung ke tempat kejadian mengungkapkan, beruntung tidak ada jatuh korban pada insiden tersebut.

"Ini merupakan akses jalan yang padat dilalui warga, baik para pelajar, petani maupun pelaku ekonomi lainnya, serta merupakan jalur warga yang beraktivitas setiap hari, baik siang maupun malam hari," ungkapnya.

Perihal perbaikan jalan ujarnya, sebaiknya dinas atau instansi terkait agar secepatnya melakukan penanganan, dan menjadikan pengerjaan jalan tersebut untuk masuk dalam anggaran prioritas, mengingat pentingnya akses jalan tersebut bagi warga.

"Harus cepat ditanggulangi karena menjadi akses jalan yang digunakan masyarakat, serta bukan hanya PUPR yang harus turun tangan, BPBD harus pula turut berperan aktif, apalagi sudah banyak terlihat bantaran-bantaran sungai yang terdapat gejala-gejala amblasan tanah," pungkasnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019