Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah menetapakan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Andi Abdurrahman Noor Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, sebagai rumah sakit yang memiliki pelayan tipe C.

Direktur RSUD Tanah Bumbu dr. Arman melalui Kepala Tata Usaha Saleh, di Batulicin, Kamis mengatakan, penetapan tersebut dituangkan dalam surat Nomor : YR.05.01/III/3787/2019 tentang rekomendasi penyesuaian kelas Rumah Sakit hasil penilaian ulang terhadap 615 rumah sakit oleh Kemenkes.

"Sebenarnya pelayanan RSUD Tanah Bumbu sudah memiliki tipe C, namun kurang "update" terkait sarana dan  prasarana serta tenaga medis yang ada di rumah sakit untuk dilaporkan kepada Kemenkes sehingga Kemenkes merekomendasikan untuk turun tipe," katanya.

Baca juga: Sebanyak 500 mahasiswa UIN mengabdi di Tanah Bumbu

Dia mengatakan, apa yang menjadi persyaratan dalam standar pelayanan kesehatan tipe C sudah dimiliki oleh RSUD Tanah Bumbu. namun, dengan adanya keterlambatan dalam pemutahiran data secara berkala maka Kemenkes menganggap standar pelayanan kesehatan harus diturunkan ke tipe D.

Menindak lanjuti rekomendasi hasil reviu kelas terhadap tahap pertama oleh Kemenkes RI pada 615 Rumah Sakit telah diverifikasi secara "online". Dan dari hasil reviu tersebut RSUD Tanah Bumbu ditetapkan kembali sebagai rumah sakit yang memiliki pelayanan kesehatan tipe C.

Menurut Shaleh, banyak dampak yang di rasakan masyarakat apabila standar tipe pelayanan kesehatan rumah sakit turun mejadi tipe D, salah satunya calon pasien tidak bisa ditangani di rumah sakit sacara maksimal karana harus dirujuk ke rumah sakit yang memiliki tipe C.

Pihak manajemen RSUD berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat "Bumi Bersujud" aalah satunya dengen melengkapi beberapa fasilitas kesehatan yakni perlayanan cuci darah.

"Sebelumnya RSUD Tanah Bumbu belum memiliki pelayan tersebut sehingga pasien yang berobat harus dirujuk ke Banjarmasin. Namun saat ini semua jenis penyakit bisa ditangani di RSUD Tanah Bumbu," pungkasnya.

Baca juga: Tanah Bumbu segera anggarkan pembangunan jembatan Pulaulaut-Batulicin
Baca juga: Petani di Tanah Bumbu panen padi seribu hektare

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019