Seluruh aparat di wilayah Kecamatan Candi Laras Selatan, Kabupaten Tapin selalu kompak dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayahnya.

"Setiap ada titik api muncul kami semua pasti turun, jangan sampai api membesar hingga semakin sulit dipadamkan," kata Kapolsek Candi Laras Selatan Iptu Agus Hariyadi

Seperti api yang membakar lahan di Desa Baringin, Kapolsek bersama Danramil, aparatur Kecamatan, BPBD dan masyarakat berjibaku memadamkannya.

"Saya tekankan kepada semua unsur bahwa karhutla ini bukan hanya tanggung jawab BPBD, namun kita semua harus berperan dalam menanggulanginya," jelas Agus menekankan.
Agus pun mengaku bersyukur dalam beberapa hari terakhir cuaca mulai bersahabat dengan guyuran hujan.

"Alhamdulilah hujan ini dapat membasahi lahan yang kering dan mudah terbakar. Sehingga potensi kebakaran lahan juga berkurang," tandasnya.

Agus bersama Danramil dan Camat setempat juga rutin melakukan upaya pencegahan dengan mengimbau masyarakat agar tak membakar lahan.

Salah satu caranya membagikan Maklumat Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani soal larangan membakar hutan dan lahan kepada masyarakat setempat. Warga diingatkan sanksi pidana bagi pelaku pembakaran lahan.  

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019