Puluhan armada relawan Pemadam Kebakaran (Damkar) mengeroyok kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Guntung Damar Banjarbaru. Mereka diterjunkan atas permintaan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Selatan.

"Sudah sejak beberapa hari kami melakukan pemadaman di sini," terang Ketua Panglima Batur Fire Rescue (Paba) Gusti Taufik Qurrahman, Jumat.

Paba menjadi salah satu unit relawan Damkar asal Banjarmasin yang bertugas mengeroyok Guntung Damar.
Pasukan Damkar yang memiliki posko di Jalan Mesjid Gang Mesjid II RT 2, Kelurahan Surgi Mufti, Kecamatan Banjarmasin Utara itu mengoperasikan dua armada dengan kekuatan personel 6 orang setiap harinya.

"Alhamdulilah dua hari ini selalu turun hujan, jadi titik api terus berkurang sehingga sangat membantu upaya pembasahan yang kami lakukan," ucap pria yang kerap disapa Gusti Taufik itu.
Diketahui jika BPBD Kalimantan Selatan sudah menaikkan status dari siaga karhutla menjadi tanggap darurat karhutla sejak 23 September 2019.

Konsekuensi dari peningkatan status tersebut, maka BPBD melakukan segala upaya dengan mengerahkan seluruh sumber daya yang ada mengatasi karhutla.

Salah satu kebijakannya, BPBD menggandeng BPK dan Damkar swasta sebanyak 60 armada untuk bersama-sama memadamkan 6 titik utama di sekitar Guntung Damar yang lokasinya berdekatan dengan Bandara Syamsudin Noor.  

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019