Oleh Syamsuddin Hasan

Gambut, (Antaranews Kalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan H Rudy Ariffin mengajak semua elemen masyarakat, khususnya kalangan nahdiyin untuk bersama-sama menjaga kesucian Ramadan 1434 Hijriah.

"Mari kita jaga kesucian Ramadan," ajak gubernur ketika pelantikan Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama (PW NU) Kalsel masa hikmat 2012 - 2017 dan peresmian gedung dakwah NU Kalsel, di Jalan A Yani Km12 Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kamis.

Orang nomor satu di jajaran pemerintah provinsi tersebut juga mengajak kaum muslim, terutama keluarga besar NU atau nahdiyin yang merupakan mayoritas penduduk Kalsel agar mengisi bulan suci Ramadhan dengan peribadahan lainnya, selain melaksanakan puasa wajib.

"Keluarga besar NU hendaknya menjadi pelopor dalam menjaga kesucian Ramadhan, serta mengisi bulan suci tersebut dengan berbagai peribadahan yang bermanfaat, baik hubungan dengan Allah maupun kemaslahatan ummat," demikian Rudy Ariffin.

Sebelumnya Ketua PW NU Kalsel H Sarbaini Haira menyatakan, pihaknya bertekad untuk memerangi kemaksiatan, seperti belakangan merasuki generasi muda di provinsi yang kini berpenduduk sekitar 3,6 juta jiwa dan tersebar pada 13 kabupaten/kota.

"Kita prihatin dengan keadaan generasi muda, yang kita lihat sendiri, mereka itu cenderung untuk berbuat maksiat," ujar dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Banjarmasin itu.

"Generasi muda tersebut merupakan tanggung jawab bersama. Karenanya bagaimana cara melakukan pendekatan dengan mereka agar tidak melakukan perbuatan maksiat," demikian Sarbaini Haira.

Usai pelantikan pengurus dan peresmian gedung dakwah tersebut, Gubernur Kalsel bersama tamu undangan, termasuk Pengurus Besar NU, meninjau lokasi rencana pembangunan Universitas Kebangsaan NU dekat kawasan gedung itu.

Sedangkan dalam kepengurusan PW NU Kalsel yang diketuai Sarbaini Haira dan sekretarisnya Nasrullah AR itu, juga dapat sejumlah penjabat di provinsi tersebut, antara lain gubernur setempat.

Selain itu, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming dan Bupati Banjar, Sultan Khairul Saleh. Namun Bupati Banjar berhalangan hadir dalam pelantikan kepengurusan NU Kalsel tersebut, karena sedang melaksanakan ibadah umrah.

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013