Pada kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP) di Desa Riam Adungan, Kecamatan Kintap, Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta dan rombongan disambut tarian Adat Dayak Meratus, Jum’at (13/9).

Bupati Tanah Laut H Sukamta mengungkapkan, rombongan Pemkab Tanah Laut  beserta Dandim 1009 Pelaihari, Kapolsek Kintap, tim dokumentasi  Humas dan Protokol Setdakab Tanah Laut serta pengawalan Satpol-PP dan rombongan lainnya ingin merasakan langsung sulitnya warga masyarakat Desa Riam Adungan untuk menuju pusat Kota dan Kecamatan.

Untuk menanggulangi akses jalan tersebut,  Sukamta mengimbau, kepada perusahaan sekitar agar mengeraskan akses jalan yang dilalui warga masyarakat Desa Riam Adungan.

"Dengan kondisi jalan saat ini bukalah penghalang dalam pemerataan pembangunan, justru desa ini turut menjadi perhatian khusus. Oleh karena itu saya himbau pihak-pihak terkait, baik  SKPD maupun perusahaan agar saling bersinergi demi pemerataan pembangunan dan kesejahteraan warga masyarakat Desa Riam Adungan,"ucap Sukamta

Bupati mengungkapkan, akses jalan menuju Desa Riam Adungan masih sangat sulit karena masih berupa jalan setapak dan bebatuan, sehingga sangat sulit dilalui khususnya pada musim penghujan.

",”terangnya.

Namun demikian, terang dia, Pemkab Tanah Laut   secepatnya meminta ke Kementerian LHK untuk memberikan lahan seluas 62,1 hektare kepada Pemkab tala agar bisa kita bangun infrastruktur yang layak, sehingga selain memudahkan akses masyarakat Desa Riam Adungan ke Kota Pelaihari dan wisatawan datang ke desa ini,"tuturnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, Pemkab Tanah Laut juga ingin pihak swasta ikut membantu membangun sektor wisata di Desa Riam Adungan.

“Saat ini ada beberapa perusahaan yang sudah mengutarakan niatnya untuk ikut membangun sektor pariwsata disini, saya selaku bupati mengajak pihak swasta ikut berpartisipasi dalam mengembangkan sektor wisata di Desa Riam Adungan,”tandasnya.

Turut berhadir di cara tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanah Laut,  pimpinan SKPD lingkup Pemkab  Tanah Laut, Camat Kintap beserta Forkopimcam Kintap, Kepala Desa Riam Adungan beserta perangkat desa, para pimpinan perbankan serta para pimpinan perusahaan.
 
Dalam rangkaian itu  juga dilaksanakan penyerahan data kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil berupa e-KTP, kartu keluarga dan akta kelahiran kepada warga masyarakat Desa Riam Adungan.

Selain itu, juga penyerahan sembilan unit komputer untuk Sembilan desa dilingkungan tambang  PT Arutmin yang diterima secara simbolis oleh Kepala Desa Riam Adungan.

Kemudian,  dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan 30 paket sembako untuk lansia dari PT KPP.
Pada kegiatan Manunggal Tuntung Pandang (MTP) di Desa Riam Adungan, Kecamatan Kintap, Bupati Tanah Laut H Sukamta dan rombongan disambut tarian Adat Dayak Meratus, Jum’at (13/9).Foto:Antaranews Kalsel/Humas.


 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019