Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarbaru, Said Abdullah di Banjarbaru, Minggu, terjun langsung dan ikut memegang alat penyemprot air untuk memadamkan kobaran api di kawasan terbakar guna mencegah kebakaran lahan semakin meluas.

Aksi itu dilakukan Sekda yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarbaru di sejumlah kawasan yang tengah dilanda kebakaran lahan.
Baca juga: Pemkot Banjarbaru bantu mesin pompa air Satgas Karhutla TNI

"Kami ingin merasakan langsung tugas menyemprot titik api, ternyata berat sehingga kami mengapresiasi tugas yang dilakukan personel di lapangan memadamkan titik api agar tidak meluas," ujarnya.

Ia mengemukakan, kehadirannya yang didampingi Dandim 1006/Mtp Letkol Arm Siswo Budiarto dan Wakapolres Banjarbaru, Kompol Andik Eko Siswanto sebagai tindak lanjut atas rakor penanganan karhutla.
Baca juga: Banjarbaru raih penghargaan Wahana Tata Nugraha 2019
Sebelumnya, pada Jumat (13/9) Wali Kota Banjarbaru, Nadjmi Adhani langsung memimpin rakor penanggulangan karhutla guna mengantisipasi makin banyaknya titik api dan berdampak munculnya kabut asap.

"Upaya pencegahan maupun penanggulangan petugas dibantu personel TNI dan Polri sudah cukup maksimal sehingga kami berharap kemunculan titik api bisa semakin berkurang," ucapnya.

Sementara itu, fokus penanganan karhutla yang dilakukan satuan tugas penanggulangan karhutla Banjarbaru maupun Kalsel adalah kawasan di sekitar Bandara Syamsudin Noor yang rawan terbakar.
Baca juga: Hundreds suffer acute respiratory infection in Banjarbaru, mostly toddlers
"Fokus kami mencegah dan juga menanggulangi kathulta di sekitar bandara sehingga begitu titik api muncul, personel satgas langsung bergerak cepat memadamkan," ujar Dandim 1006/Mtp Letkol Arm Siswo Budiarto.

Sementara itu, kawasan lain yang rawan dilanda karhutla di Banjarbaru tersebar di beberapa lokasi seperti kawasan Batu Besi, Tekukur, Tambak Buluh, Pengayuan, kawasan SMPN 15, dan Guntung Damar.

Setiap hari dan terjadi beberapa kali kebakaran hutan dan lahan membuat personel berjibaku memadamkan kobaran api termasuk dilakukannya pemadaman melalui udara dengan helikopter water bombing.Baca juga: Kabut asap di Banjarbaru ganggu proses belajar

Pewarta: Gunawan Wibisono/Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019