Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar kejuaraan menembak Skill Competition dan Open Tournament Anniversary Perbakin ke-59 tahun 2019, Sehati plus Cinta membangun banua.

Ketua Perbakin HSS H.M. Husaini, di Madang, Jum'at (13/9), mengatakan tujuan diadakannya kejuaraan ini untuk meningkatkan potensi penembak-penembak daerah, khususnya di Kabupaten HSS.

"Kejuaraan ini juga menjadi ajang penjaringan atlet menembak dan sekaligus mensosialisasikan kegiatan menembak menjadi prestasi," katanya, saat menyampaikan laporan kegiatan, bertempat di lapangan tembak Perbakin, Desa Madang, Kecamatan Padang Batung.

Dijelaskan dia, melalui kejuaraan ini akan dijadikan penilaian atau scoring, untuk para atlet penembak Kabupaten HSS, baik dari pelajar maupun masyarakat umum.

Kejuaraan menembak Perbakin HSS (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: KONI HSS ditarget capai empat sukses ajang Porprov 2021

Selain itu, tujuannya sebagai penilaian untuk melihat potensi-potensi penembak Kabupaten HSS, yang kiranya dapat menjadi pertimbangan untuk mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI tahun 2021 yang dilaksanakan di Kabupaten HSS.

Acara yang diselenggarakan Perbakin HSS bekerjasama dengan KONI HSS dan dilaksanakan oleh Antaluddin Bastari Shooting Club, sebagai club binaan diikuti oleh pelajar SLTA dan SLTP sederajat dan juga masyarakat umum yang gemar olahraga menembak.

Ada empat  kelas atau kategori diperlombakan yang mengacu pada kelas lomba Porprov XI Kab.HSS, yaitu Airrifle 10m pelajar, Airrifle 10m umum, Benchrest 25m umum, dan Tripos 27m umum.

Pendaftaran masih dibuka sampai tanggal 16 September 2019, dan  bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri bisa datang langsung ke Lapangan Tembak Perbakin, di Desa Madang.

Staf ahli Sekretariat Daerah HSS Saipullah, mengatakan menyambut baik kegiatan ini, pemerintah daerah akan terus berusaha sesuai kewenangan untuk mendukung kegiatan semacam ini.

"Utamanya dalam mewujudkan visi misi sebagai daerah yang berolahraga," katanya, saat menyampaikan sambutan Bupati HSS H Achmad Fikry.
 

Kejuaraan menembak Perbakin HSS (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: 19 peserta ikuti kejuaraan Parade Drum Band

Guru MTSN 2 HSS Sarmawan, mengatakan mengikutsertakan tiga orang siswanya dalam lomba menembak yang di adakan Perbakin HSS, dan berharap kedepannya acara-acara seperti ini bisa dilaksanakan secara terus menerus.

Begitupun, bakat-bakat yang dimiliki anak-anak bisa tersalur ditempat yang benar, dan agar mereka mempunyai prestasi di tingkat daerah sampai ke tingkat nasional,

Peserta kategori umum Amrullah, mengatakan kejuaraan menembak seperti ini sangat bagus, karena ini memacu pada anak-anak muda untuk berlatih menembak.

"Mudah-mudahan yang akan datang banyak atlet-atlet baru akan tumbuh kembali, jadi ajang yang positif serta juga menghindarkan generasi muda tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif," katanya.

Kejuaraan menembak Perbakin HSS (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019