Guna menggali kemampuan atau potensi di kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS), BKD Tabalong kembali melaksanakan tes psikotes bagi pegawai eselon III ke atas dan non eselon.

Wakil Bupati Tabalong, H Muchlis SH, Senin (14/2) mengatakan, tes psikotes bagi PNS  merupakan langkah positif guna menggali kemampuan dan kekuatan masing-masing pegawai.

“Tes psikotes bukanlah ajang untuk mencari kelemahan seseorang, justru ini merupakan langkah positif untuk menggali potensi dan kekuatan masing-masing,” ujar Wakil Bupati.

Sebelumnya 526 pejabat eselon II, III dan IV telah melaksanakan tes psikotes diantaranya menyangkut dinamika potensi, kinerja dan struktur kepribadian.

Wabup mengungkapkan tes psikotest jadi suatu kebutuhan dalam menghadapi berbagai tantangan di era reformasi dan keterbukaan informasi dewasa ini.

Tuntutan ke arah paradigma baru PNS/pejabat sebagai pelayan publik, sudah harus diaplikasikan dalam sistem pemerintahan, dimana para pejabat dan PNS pada umumnya dituntut untuk lebih banyak mendengarkan dari pada berbicara.

“Saya berharap kalangan PNS dapat mengikuti tes psikotes guna perbaikan kualitas dan kapasitas pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada publik,” tambah Muchlis.

Sejumlah kalangan pun berharap hasil tes psikotes bisa jadi pertimbangan dalam pengisian jabatan sehingga dapat diketahui layak tidaknya posisi yang didudukinya.

"Yang dikhawatirkan jika hasil psikotes hanya sekadar formalitas padahal melalui tes ini dapat diketahui layak tidaknya seorang pejabat," ujar Rahman, warga Tanjung.(mia*C)

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011