Sebanyak 196 lapak disediakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan untuk pemidahan pedagang ikan dan pangan dari Pasar Kandangan, di lokasi baru Pusat Pasar Rakyat, Jalan HM Yusi, Kandangan.

Para pedagang yang dipindahkan ke lokasi baru ini adalah para pedagang ikan, sayur, kue, bumbu, ayam potong dan sembako, dan para Pedang Kaki Lima (PKL), yang selama ini menempati ruas jalan Pasar Subuh Kandangan.

Untuk para pedagang yang ada di dalam bangunan induk tersedia 196 lapak yang terbagi dalam tujuh blok dan 32 kios atau toko, sementara para pedagang kaki lima menempati halaman depan yang cukup luas.

Adapun Fasilatas umum disediakan toilet umum dan musholla, pembagian tempat para pedagang ini sendiri cukup lancar dan kondusif, bahkan untuk menghindari tertukar tempat para pedagang dengan inisiatif sendiri menamai lapaknya masing-masing.

Pusat Pasar Rakyat Kandangan Jalan HM Yusi (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Pemkab HSS komitmen sebagai daerah tertib ukur

Pedagang ayam potong Mahyuni, mengatakan kegembiraannya dan bersyukur bisa menempati lapak ayam potong untuknya, apalagi tempatnya bagus dan bersih serta yang jelas tidak kepanasan, dibandingkan dengan berdagang sebelumnya di ruas jalan Pasar Kandangan.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati HSS H Achmad Fikry yang telah membangunkan pasar baru ini," katanya.

Senada itu salah satu pemilik warung Sarniah, juga bersyukur akhirnya bisa mendapatkan tempat yang baik untuk warung, dan berharap nanti semakin hari akan semakin ramai, dan dulu waktu di Pasar Kandangan hanya bisa menempati selasar Pasar kandangan.

Sekda HSS H.M. Noor, mengingatkan kepada Tim Pemindahan Pasar Ikan ini agar bisa mengawal pemindahan para pedagang ini, pemindahan ini sebagai bentuk pelayanan pemerintah daerah dan dilakukan semata-mata untuk memberikan kenyamanan kepada para pembeli dan pedagang itu sendiri.
 
Pusat Pasar Rakyat Kandangan Jalan HM Yusi (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Aneka kue khas lokal hingga Gelang Simpai menarik pengujung ke stand HSS

Menurut dia, pemindahan agar dilakukan dengan mengedepankan cara-cara yang persuasif dan jangan sampai ada tindakan kekerasan ataupun kata-kata yang menyakitkan.

"Semuanya harus dilakukan dengan cara kekeluargaan," katanya, saat berkunjung dan memberikan arahan kepada peserta Apel Siaga Persiapan Tim Pemindahan di halaman pasar ikan yang baru dibangun ini yang terdiri dari Satpol PP, TNI dan Kepolisian serta pengelola pasar, Senin (9/9) lalu.

Usai apel, diadakan acara selamatan secara sederhana dan makan siang nasi bungkus bersama masyarakat dan pedagang, sekda juga melakukan peninjauan ke beberapa sudut pasar dan lapak para pedagang yang ada dan sempat pula berdialog. 
 
Sekda HSS HM Noor berdialog dengan para pedagangan (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019