Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengatakan dirinya siap menularkan virus gemar membaca untuk mendorong masyarakat terutama generasi muda mencintai ilmu pengetahuan.

Hal itu disampaikan Gubernur di Banjarmasin Jumat, menanggapi penghargaan yang diberikan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kepada Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, yakni Nugra Jasadharma Pustaloka.

"Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pemerintah memberikan penghargaan di bidang ilmu pengetahuan ini," katanya.

Gubernur berharap, penghargaan tersebut bisa menjadi motivasi bagi warga Kalsel untuk terus berkarya dan berprestasi dengan melakukan sinergi dan kolaborasi dengan semua pihak untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel, juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi seluruh insan pendidik dan insan perpustakaan dalam menularkan virus optimisme mengaungkan budaya membaca di Banua.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor berupa Nugra Jasadharma Pustaloka.

Selain Gubernur Kalsel, penghargaan dengan kategori pejabat publik juga diberikan kepada Gubernur Jawa Barat dan Gubernur Bali.

Penyerahan penghargaan dilakukan di Ball Room Jakarta Theater, pada Malam Gemilang Perpustakaan Nasional, Kamis (5/9) malam

Pemberian peghargaan ini berdasarkan SK Kepala Perpustakaan Nasional RI Nomor 172 tanggal 14 Agustus 2019 Tentang Penetapan Penerima Penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka.

Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando memberikan apresiasi atas kepedulian nyata para pustakawan dan kepala daerah yang menginsipirasi bagi kebangkitan minat baca dan perhatian nyata kepada lembaga perpustakaan.

Malam Anugerah Gemilang Perpustakaan Nasional 2019 juga dihadiri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI. Syafruddin dan Duta Baca Indonesia, Nazwa Shihab.

Gubernur H Sahbirin Noor pada malam penganugerahan tersebut diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdaprov Kalsel H Heriansyah, dikarenakan tugas penting lainnya di daerah.yang tidak bisa ditinggalkan.

Ketua IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia) Kalsel Dr Ahmad Syawqi mengatakan, turut bangga dan mengucapkan selamat kepada Paman Birin sebagai Penerima Penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka tahun 2019 dengan Kategori Pejabat Publik.

"Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi tertinggi atas dedikasi dan dukungan yang besar dari gubernur dalam pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan," terangnya.

Paman Birin juga mengupayakan peningkatan pembudayaan gemar membaca di Kalimantan Selatan khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Penghargaan gerakan pembudayaan gemar membaca adalah pemberian apresiasi kepada masyarakat baik perorangan, kelompok, dan atau lembaga yang berhasil meningkatkan kegemaran membaca di masyarakat melalui pendayagunaan perpustakaan.

Baca juga: Sore ini, Paman Birin dianugerahi penghargaan nasional
Baca juga: Tim trail Perpustakaan Daerah datangi sekolah terpencil
Baca juga: Dinas Perpustakaan datangi sekolah pelosok tumbuhkan minat baca
Baca juga: Bupati Tapin dukung gerakan gemar membaca Kalsel

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019