Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan terus menggalakkan gerakan masyarakat hidup sehat (germas) untuk membangun kesadaran masyarakat membiasakan pola hidup sehat sehingga terhindar dari penyakit menular maupun tidak menular.

Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Abdul Wahid di Amuntai, Ahad, mengatakan kampanye germas terus diupayakan jajaran Dinas Kesehatan dengan menggelar sosialisasi, senam bersama dan lainnya.

"Kampanye germas tentunya memiliki tujuan untuk menurunkan beban penyakit  menular dan penyakit tidak menular, baik kesakitan, kematian maupun kecacatan, menghindari terjadinya penurunan produktivitas, menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan, " ujar Wahid.

Baca juga: KONI pancing minat catur melalui jajal atlet muda
Baca juga: Perajin eceng gondok HSU 'melenggang' mulus ke Jakarta

Wahid mengatakan, upaya germas juga dalam rangka menyadarkan masyarakat secara preventif untuk mewujudkan kehidupan yang sehat. 
 
Bupati serahkan doorprize kepada peserta senam. (Eddy Abdillah)

Kampanye germas dilaksanakan di berbagai kecamatan dan desa, bahkan di setiap kegiatan senam bersama disediakan hadiah door prize kepada masyarakat, seperti pada kegiatan senam bersama di Lapangan Jumba, Kecamatan Amuntai Selatan, Ahad.

Baca juga: HSU Regent asks do not burn trash

Hadiah dooprize yang disediakan seperti payung, rice cooker, kulkas, kipas angin, sepeda dan masih banyak lagi.
 
Penandatangan komitmen bersama dukung germas. (Eddy Abdillah)

Diakhir acara dilakukan penandatanganan komitmen bersama antara jajaran kesehatan, instansi pemerintah kecamatan agar ke depan tidak putus melakukan kampanye germas di tengah masyarakat.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019