Komite Olahraga Nasional Indonesia atau KONI mencoba menarik minat masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) terhadap olahraga catur dengan menampilkan kemampuan atlet junior catur yang sudah berprestasi di tingkat Internasional untuk menjajal kemampuan mereka.

Ketua KONI HSU H.Barkati di Amuntai, Ahad mengatakan, dua pecatur junior Nisfha Dayyana Rahmah dan Muhammad Rizky Prima Nugraha sengaja ditampilkan pada acara gebyar catur berhadiah agar masyarakat mengetahui potensi atlet catur muda daerahnya.

"Masyarakat yang datang pada acara gebyar catur berhadiah di Lapangan Pahlawan Amuntai kita persilakan untuk menjajal kemampuan atlet pecatur muda yang usianya baru 10 tahun agar masyarakat mengetahui potensi olahraga catur dan berminat bergabung dalam pelatihan atlet catur," ujar Barkati.

Barkati mengatakan, bagi warga masyarakat yang berhasil mengalahkan salah satu dari dua atlet junior tersebut akan langsung mendapat hadiah.
 
Bupati HSU Abdul Wahid ikut menyaksikan gebyar catur berhadiah. (Eddy Abdillah)

Ketua Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten HSU Almien Ashar Safari mengatakan, kegiatan gebyar catur berhadiah dengan mempersilakan masyarakat menjajal kemampuan atlet junior baru pertama kali diselenggarakan di HSU, bahkan di Kalimantan Selatan.

"Kegiatan ini merupakan inovasi dari Percasi HSU untuk memotivasi masyarakat kita mencintai olahraga catur dan mencari bibit atlet muda untuk gabung dalam pelatihan Percasi," terang Almien.
 
Ketua Percasi HSU Almien Ashar Safari turut jajal pecatur junior Nisfha Dayyana Rahmah. (Eddy Abdillah)

Pelatih Nasional catur HSU Ahmad Raihan Hasa mengatakan, prestasi atlet junior HSU Nisfha dan Rizky sudah sampai ke tingkat Internasionl. Terakhir Nisfha peringkat ke-3 Japfa Internasional festival. Sedang Rizky ikut mewakili Indonesia di kejuaraan catur Internasional di China 2017.

Baca juga: Pengunjung terkejut gulaan itik bisa diperoleh gratis di Kalsel Expo 2019
Baca juga: BPOM rintis kerjasama dengan gerakan pramuka

Sudah barang tentu, pecatur HSU juga menyumbang medali pada Porprov 2018 di Tabalong, sehingga HSU naik peringkat ke-7 dalam.perolehan medali.

"Kabupaten HSU yang sebelumnya di rangking 9 naik posisi ke rangking 7 dengan memperoleh 8 emas, 5 perak, 9 perunggu, sehingga KONI berani menargetkan HSU peringkat lima pada Porprov di Kabupaten HSS 2021 mendatang," katanya.

Baca juga: Perajin HSU ekspor kerajinan khas daerah rawa

Gebyar catur berhadiah yang dilaksanakan bertepatan dengan kegiatan car free day juga dalam rangka memerihakan HUT Proklamasi ke-74 turut didukung Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019