Oleh Herlina
Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Produksi ikan budidaya di wilayah Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, dalam tiga bulan terakhir mengalami peningkatan yang menggembirakan, dari 1.379 ton menjadi 1.418 ton. 

  Peningkatan produksi ini seiring dengan penambahan areal budidaya perikanan baik dalam bentuk kolam, keramba, maupun minapadi, kata Kepala Seksi Budidaya, Bidang Perikanan, Dinas Tanaman Pangan, Peternakan dan Perikanan Tabalong, Rahmani, di Tanjung, Kamis. 

  "Budidaya ikan kolam masih mendominasi untuk sektor perikanan di Tabalong dengan angka produksi sebesar 732,83 ton," jelas Rahmani.

  Untuk produksi budidaya keramba sebesar 677,47 ton dan minapadi 7,72 ton dengan produksi benih sebesar 7.253.000 ekor.

  Terkait pencapaian produksi perikanan yang ditarget 7 persen per tahun, Distanakkan setempat juga melaksanakan penambahan budidaya ikan melalui kolam terpal sebanyak 100 unit dan jala apung di sejumlah kecamatan.

  Untuk menunjang produksi perikanan, Distanakkan pun memberikan bantun benih dan pakan kepada 100 pembudidaya ikan masing-masing berupa 1.500 benih dan 150 kg pakan.

  Termasuk memfasilitasi 100 pembudidaya ikan untuk bisa mendapatkan modal usaha melalui perbankan dengan membentuk forum permodalan sebagai upaya pengembangan kelembagaan.   

Pewarta:

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013