Oleh Imam Hanafi

Kotabaru, (Antaranews.Kalsel) - Maskapai PT Kalstar Aviation yang mengoperasikan pesawat jenis ATR-42 di Bandara Gusti Syamsir Alam, Stagen, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, berencana membuka penerbangan rute Kotabaru-Surabaya.

Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani, pada peringatan hari jadi Kabupaten Kotabaru ke-63 di Kotabaru, Sabtu mengatakan, mendukung laju roda perekonomian Kotabaru dan Kalstar berencana membuka penerbangan rute baru Kotabaru-Surabaya.

"Dengan terbukanya rute baru tersebut, maka aktivitas penerbangan di Bandara Stagen akan lebih ramai," ujarnya.

Terlebih, belum lama tadi, pesawat Wings Air juga sudah membuka penerbangan Kotabaru-Makassar.

Bupati menjelaskan, Pemkab Kotabaru bekerja sama dengan pemerintah pusat untuk mengembangkan Bandara Stagen Kotabaru dengan cara menambah panjang landasan pacu lebih dari 2.000 meter.

Untuk pengembangan bandara itu, diperlukan relokasi permukiman penduduk Stagen, dan sejumlah fasilitas umum, seperti jalan dan Mapolsek Pulau Laut Utara.

"Setelah peningkatan landasan pacu, diharapkan pesawat yang berbadan besar (jet) bisa mendarat di Bandara Stagen," harapnya.

Sebelumnya, pesawat Kalstar beberapa tahun lalu sudah beroperasi di Bandara Gusti Syamsir Alam Kotabaru dengan membuka rute Kotabaru-Banjarmasin, dan Kotabaru-Balikpapan pulang pergi (PP).

Penerbangan Kotabaru-Balikpapan (PP) setelah Pesawat Trigana tidak beroperasi hanya dilakukan oleh maskapai Susi Air.

Sementara animo masyarakat atau calon penumpang baik dari Kotabaru ke Banjarmasin atau ke Balikpapan atau sebaliknya, akhir-akhir ini cukup besar.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013