Oleh Imam Hanafi

Kotabaru, (Antaranews.Kalsel) - Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, H Rudy Resnawan menyatakan, Kabupaten Kotabaru yang merupakan daerah pertambangan harus banyak melakukan rehabilitasi dan perbaikan lingkungan.

"Dengan cara tersebut, maka kerusakan lingkungan di Kotabaru akibat pertambangan akan dapat dicegah dari sejak dini," ujar Wagub, di Kotabaru, pada puncak peringatan hari jadi Kabupaten Kotabaru ke-63, Sabtu.

Keseimbangan lingkungan yang baik haruslah tetap dipertahankan dengan banyak cara.

Salah satunya, dengan memaksimalkan program perbaikan kawasan hutan atau merehabilitasi, terutama di daerah bekas aktivitas pertambangan dan kegiatan yang lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rudy Resnawan, juga memberikan apresiasi kepada Pemkab Kotabaru, atas naiknya Indek Pembangunan Manusia (IPM), beberapa tahun terakhir.

Wagub meminta, pemerintah daerah untuk meningkatkan akuntabilitas, transparansi, dalam pengelolaan keuangan daerah.

Dengan keterbukaan dalam mengelola keuangan pemerintah, maka Kotabaru tidak sulit untuk meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualiaan (WTP).

Mendukung program tersebut, Pemkab KOtabaru harus melaksanakan paktaintegritas dalam merealisasikan semua kegiatan.

"Diharapkan, semua proyek yang dilaksanakan Pemkab Kotabaru harus disertai dengan paktaintegritas, untuk menjamin kesuksesan kegiatan tersebut," ucapnya.

Sementara itu, dalam puncak peringatan hari jadi Kotabaru, panitia menyelenggarakan beberapa jenis lomba, pameran pembangunan, tablig akbar yang menghadirkan sejumlah ustad dari ibu kota Jakarta.

Serta, melaksanakan khataman massal yang diikuti sekitar 5.100 orang, dari sekitar 90 lembaga pendidikan, mulai dati TK Alquran, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan perguruan tinggi.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013