Gabungan Istri Wakil Rakyat (Gatriwara) Banjarbaru mendorong pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha dan masyarakat di kota itu. 

"Kami mendorong agar sektor UMKM terus berkembang. Tujuannya agar kesejahteraan masyarakat semakin meningkat," ujar Ketua Gatriwara Kota Banjarbaru Nahdatun Nusrah di Banjarbaru, Senin.

Menurut istri Ketua DPRD Banjarbaru AR Iwansyah itu, salah satu langkah yang dilakukan adalah menggelar silaturahmi Gatriwara se Kalsel yang diisi workshop dan dimeriahkan fashion show Sasirangan Bordir. 

Kegiatan di gedung Bina Satria Banjarbaru itu memghadirkan Finalis Master Chef 2019, Yulita atau Mama Lita dan pendiri Ekonomi Kreatif (EKRA) Bank Indonesia, Vivi Zubedi Aditya Mufti Ariffin.

Baca juga: Sekda Banjarbaru "merapat" ke Gerindra Banjar

"Jenis UMKM yang berupaya kami kembangkan bukan hanya kain khas Banjarbaru yakni Sasirangan Bordir tetapi juga kerajinan anyaman purun yang bisa dibuat menjadi tas serta beragam barang lain," ucapnya. 

Ditekankan, pengembangan UMKM di Banjarbaru masih terkendala pemasaran produk sehingga sengaja mengundang Vivi Zubedi yang juga seorang desainer internasional agar produk UMKM go internasional. 

"Produk yang bisa dijual di pasar internasional adalah Sasirangan Bordir dan kami menghadirkan Vivi Zubedi agar bisa memperkenalkan ke dunia internasional melalui hasil karyanya," ungkap dia. 

Selain itu, tanaman purun yang cukup banyak tumbuh di Keluraham Palam Kecamatan Cempaka Banjarbaru juga berpotensi di ekspor ke luar negeri seperti Amerika dan Jepang yang mengolah tanaman itu. 

Baca juga: Harapkan lahir generasi maju

"Jika memang terbuka peluang ekspor dan masyarakat Palam bisa memenuhinya maka kami siap untuk membantu sehingga kesejahteraan masyarakat semakin meningkat dan bisa lebih sejahtera," ujarnya.

Sementara, Vivi Zubedi mengatakan, kain Sasirangan karyanya sudah ditampilkan di ajang internasional New York Fashion Week Amerika Serikat dan mendapat sambutan yang luar biasa. 

"Sambutan luar biasa terhadap kain Sasirangan bukan hanya berasal dari peragawati yang mengenakannya tetapi juga desainer kelas dunia yang sangat tertarik jenis kain dan corak Sasirangan," katanya. 

Baca juga: Sekda hadiri pembangunan hotel Bandara Syamsudin Noor

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019