Guna memberikan contoh kepada masyarakat, Bupati Tapin HM Arifin Arpan membagikan daging kurban dengan bungkus yang ramah dengan lingkungan yakni bakul anyaman purun.

Ditemui di kediamannya, Minggu (11/8), Bupati mengatakan aksi mengganti kantong plastik dengan anyaman purun sebagai pembungkus daging kurban tersebut sebagai upaya pengurangan sampah plastik.

Baca juga: Armani Peduli bagikan 200 kantong lebih daging kurban ke kaum dhuafa

"Tentu kita sebagai pemimpin daerah tidak hanya memberikan imbauan, tapi harus menjadi contoh bagi masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya, dikatakan Arifin Arpan bahwa pihaknya sudah terlebih memberi imbauan kepada seluruh retail modern agar tidak lagi menggunakan kantong plastik.

Baca juga: Polsek Banteng bagi daging kurban gunakan plastik ramah lingkungan

"Sudah sekitar enam bulanan kita sudah bagikan surat edaran agar retail-retail modern di Tapin mengurangi penggunaan plastik," ujarnya.

Bupati berharap, di tahun-tahun depan, panitia kurban tidak menggunakan kantong plastik lagi sebagi pembungkus daging sebagai upaya pengurangan sampah plastik.

Baca juga: Polresta Banjarmasin bagikan daging kurban gunakan besek bambu

"Bayangkan kalau seluruh panitia kurban tidak menggunakan kantong plastik lagi, tentu sangat mengurangi angka sampah kantong plastik di Tapin," ujar Bupati.

Pada hari raya Idul Adha tahun 1440 H/2019, Bupati Tapin berkurban sebanyak empat ekor sapi yang dibagikan kepada 500 lebih warga sekitar.
 

Pewarta: Muhammad Husien Asyari

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019