Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Dr Machli Riyadi mengatakan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Suriansyah milik Pemerintah Kota Banjarmasin akan mulai beroperasi pada bulan Agustus ini.

"RSUD Sultan Suriansyah akan soft opening sebagai tanda mulai beroperasi dijadwalkan 12 Agustus ini," ujarnya di Banjarmasin, Selasa.

Menurut dia, soft opening RSUD yang berlokasi di Jalan RK Ilir Banjarmasin Selatan tersebut akan buka layanan kegawatdaruratan selama 24 jam.

"Pada soft opening ini melayani pula pasien rawat inap, tapi masih sekitar 24 tempat tidur pasien tersedia," tuturnya.
Baca juga: RSUD Sultan Suriansyah siap terima pasien BPJS

Adapun layanan lainnya yang dibuka, seperti poliklinik anak, poliklinik bedah, penyakit dalam, obgyn, THT, rehabilitasi medic, poliklinik gigi dan mulut serta medical check up.

"Semua sudah siap, termasuk SDM-nya," ujar Maclis.

Namun untuk peresmiannya, RSUD yang didirikan mulai 2015 ini, tepat pada peringatan Hari Jadi (Harjad) ke-493 Kota Banjarmasin yang jatuh pada 24 September 2019.

Wakil Wali Kota Banjarmasin H Hermansyah meminta RSUD Sultan Suriansyah saat soft opening pada 12 Agustus 2019 benar-benar bisa mengoperasikan layanan tiga dasar, yakni, rawat jalan, rawat inap dan check up.

"Jadi ketiga layanan dasar ini harus benar-benar kita lakukan," ujarnya.
Baca juga: Pemkot siapkan 100 tempat tidur RSUD Sultan Suriansyah

Sejauh ini, RSUD Sultan Suriansyah masih dalam proses pembangunan di mana tahun ini dialokasikan Rp70 miliar untuk pembangunan gedung utama rawat inap pasien.

Ditargetkan, pada tahun 2020 RSUD Sultan Suriansyah sudah rampung semua pembangunannya.
Baca juga: Wali Kota Belum Pastikan Dak RS Gagal
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019