Pemerintah Daerah Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, memastikan semua rombongan calon jamaah haji dari "Bumi Bersujud" selama di Tanah Suci Mekah dalam keadaan sehat atau setidaknya tidak mengalami permasalahan kesehatan secara serius.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Tanah Bumbu, Abdul basid, di Batulicin, mengatakan, jumlah keseluruhan jamaah haji dari Tanah Bumbu mencapai 221 jamaah yang terbagi menjadi dua Kelompok Terbang (Kloter) 19 dan tujuh.

Baca juga: Rombongan terakhir jamaah calhaj HST diberangkatkan

"Kondisi saat ini seluruh jamaah calon haji yang ada di Tanah Suci Mekah sedang mengikuti proses rapat koordinasi persiapan ukuf di Arafah," katanya.

Jadwal selanjutnya para jamaah melaksanakan proses haji pada 9 Zulhijjah wukuf di Arafah malamnya mabit di Mina, pada 10 zujhijjah melontar aqabah di Mina, 11-13 Zulhijjah melontar Ula, Ustha dan aqabah di Mina  dan dilanjutkan ke Makkah Tawaf Ifadah.

Dia mengatakan, pemerintah daerah juga menugaskan tiga petugas medis yang terdiri dari satu dokter dan dua perawat yang bertugas untuk mendampingi calon jamaah haji guna memastikan kesehatan mereka.

Sejauh ini pihaknya juga belum menerima laporkan dari petugas yang ada di Arab Saudi terkait jamaah yang meninggal dunia. Namumn seluruh jamaah calon haji asal Tanah Bumbu melalui embarkasi Banjarmasin dalam keadaan sehat-sehat saja. Kalaupun ada gangguan kesehatan hanya bersifat kecil/ringan.

Baca juga: Rombongan terakhir calon jemaah haji HST diberangkatkan

Untuk menjamin kenyamanan jamaah cslon haji selama beribadah di Tanah Suci Mekah pemerintah juga menugaskan petugas haji untuk melayani jemaah secara full meliputi penyediaan akomodasi yang nyaman, transportasi darat dan udara sesuai standar keselamatan dan makanan selera Nusantara.

Fasilitas lain untuk jemaah calon haji yakni mendapatkan perlindungan jemaah yang melibatkan petugas TNI/Polri, dan pelayanan kesehatan sejak jelang sampai pelaksanaan dan kepulangan jemaah.

"Semoga para jamaah calon haji selama melaksanakan ibadah di Tanah Suci dalam keadaan sehat semua sehingga dapat melaksanakan ibadah dengan istikomah dan menjadi haji yang mabrur," pungkasnya.

Baca juga: Bupati harap jemaah calon haji khusyu beribadah

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019